TY - THES N1 - Sutrisno ID - digilib25967 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25967/ A1 - RIZA GHULAM ZAMIL, NIM. 0241 1394-01 Y1 - 2006/07/29/ N2 - Skripsi ini merupakan penelitian ilm iah mengenai pene1apan pembclaj·1ran mata pelajaran Pendidikan R eligiusitas di SMA BOPKRT l Yogyaka1ta yang sempat menjadi kontroversi beberapa tahun lalu. Tujuan penelitian adalah untuk mengctahui bagaimana kurikulum dan penerapan pembelajaran mata pel ajaran Pendidikan Religiusitas di SMA BOPKRI 1 Yogyakarta, serta menganal isis S(.;Cara kritis relevansinya dengan' Pendidikan Agama Islam . Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi pemikiran kontempo rer dalam dunia Pendidikan J\gama Isl am. Jenis pene liti an ya·ng digunakan adalah penelitian lapangan (jleltl rescore/?) , yang bersifat kualitatif, yaitu m emahami fenomena sosi al d1ri sudut pandang pelakunya. Metode pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi , wawa ncara dan observasi langsung ke lapangan. Anal isis data dilakubn dcngan . rnctodc triangulasi, yaitu reduksi datil, display data dan verifikasi data. Data yang clipero l eh mela lui dok um enta si , wawanc1ra :!an observasi diana lisis sccara deskriptif'-analiti;. artinya hasil analisis berupa pem.apara n gambaran situ asi yang c!Jteliti dalam bent u k uraian naratif serta tidak dituan gkan dalam bentuk dan bilangan statistik. Hasil penelitian me'lunjukkan bahwa: 1). Penyusunan kuriktt!um mata pelajaran Pendidikan Religiusit a..; adalah sebagai altematif terhad ap pend idikan agama di sekolah-sekolah keagamaan agar tercipta iklim persaudaraan , komunikasi dan kerjasama lintas agama dan kepercayaan di ka langan siswa. Kmi1wlum ini juga tebh didesa in untuk mewakil i semua agama dan gol ongan yang berbeda agar siswJ akti r·­ reflektif dalam pembelajaran. baik di dalam atau di luar kelas. 2) Pembelajaran mala pelajaran Pendidikan Religiusitas di SMA BOPKRl 1 Yogyakart :, dilakukan dengan active learning dan melatih kemampuan berefl eksi siswa terhadap ayat dari kitab suci maupun realita di sekitarnya. Pembelajaran ini juga berusah, menggali potensi­ potensi siswa yang teJrJcndam dengan cara mengoptimalk 'n peman('aatan ketujuh intel eg .:nsi otak n1anusia. Pembelajaran ini juga relevan dite.-apkan di seko'al.­ sekolah yang mcmil.ki masal ah heterogenitas siswa dalam latar belakang budaya, suku, ras dan a-gama. 3) Relevansi pen erapan mata pelajaran Pend i dikan Reli giusita s dengan Pendidikan Agar..1a Islam terl etak pada upayanya memperbarvi r:ar'.digma berpikir siswa dalam memahami agama secara universal dan tidak sempit. Rel cvansi juga terletak pada pemilihan materi yang lebih menitikberatkan pada aspek sosi al­ horizontal di masyarakat, penggunaan pendekatan retret (merenungkan ayat-ayat qaul(vah) dan ignatian (m rewmgkan ayat-1yat kauniyah) dalam pembebjarun, scrla rel evansi dalam c:va luasi r-embelaja;·an yang mencakup aspck kognitif. afcktif' dan psikomotorik sisv1a. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Pembelajaran reliciusitas KW - SMA Bopkri Yogyakarta M1 - skripsi TI - PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN RELICIUSITAS DI SMA BOPKRIL YOGYAKATA AV - restricted EP - 157 ER -