@phdthesis{digilib25979, month = {July}, title = {KORELASI ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR DAN APRESIASI PENGAMALAN BERIBADAH DENGAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS II SEMESTER II SMP MUHAMMADIYAH 7 KOTAGEDE YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM.00460444 SITI NASROTUL LAILIYAH}, year = {2005}, note = {Drs. Murtono, M.Si NIP.150299966}, keywords = {lingkungan belajar, apresiasi pengamatan beribadah, prestasi belajar fisika}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25979/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengctahui hubungan antara lingkungan belajar dan apresiasi pengamalan beribadah dengan prestasi belajar fisika siswa kelas II Semester II SMP Muhammadiyah 7 Kotagede Yogyakarta. Untuk pengumpulan data tersebut digunakan angket dan tes. Teknik analisa data menggunakan analisis regresi ganda dengan dua prediktor. Sedangkan uji prasyarat yang dipakai dalam penelitian ini adalah uji normaliatas, linearitas, homogenitas dan independen. Penelitian ini terdiri dari dua variabcl bebas dan satu variabel terikat, sedangkan subyek penelitian ini adalah siswa kelas II Semester II SMP Muhammadiyah 7 Kotagede Yogyakarta yang terdiri dari 218 siswa, dari sejumlah populasi tersebut diambil sampcl sebanyak 163 siswa dengan teknik sampel random . Dari hasil penelitian didapat koefisien korelasi untuk variabel xi ( lingkungan belajar) adalah r yl-2 = 0,234 dan r ,,,b pada taraf signifikan 5\% sebesar 0, 117. Jadi r ?1\_ 2 {\ensuremath{>}} r ta1{\ensuremath{>}} .s\%. Dengan hasil uji t hit sebesar 3,566 dan nilai t,ab 1,654 pada taraf signifikan 5\%, maka t1iu {\ensuremath{>}} t,ah. Nilai koefisien korelasi untuk variabel X 2 (apresiasi pengamalan beribadah) sebesar ry2-1 = 0,219 dan r,ab =0,117. Jadi r {\ensuremath{>}}' 2\_ 1 {\ensuremath{>}} rtab,s\%. Dengan hasil uji thu 3,390 dan ttab 1,654 pada taraf signifikan 5\%, maka t 1i;, {\ensuremath{>}} t iab . Dari analisis regresi koefisien korelasi ganda Ry(i.z) sebesar 0,343 dan harga koefisien determinasi (R 2 ) sebesar 0,118 dan r tab =O, 117 sehingga r hu {\ensuremath{>}} r tub. Dengan uji F yang menunjukkan F 1iu 10,676 dan F tab sebesar 2,27 pada taraf signifikan 5\%, maka F 1111 {\ensuremath{>}} F 101{\ensuremath{>}} . Persamaan garis regresinya adalah Y= 0, 179X1 + 0,206X 2 -16,588: Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara lingkungan belajar dan apresiasi pengamalan beribadah dengan prestasi belajar fisika siswa baik sendiri-sendiri ataupun bersama-sama pada siswa kelas II semester II SMP Muhammadiyah 7 Kotagede Yogyakarta dengan besar sumbangan relatif SR 1 =52,895\%, SR 2 =47,105\% dan sumbangan efektif SE1 =6,228\%, SE 2 =5,546\% dengan varians sebesar 11,774\%.} }