eprintid: 25983 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/02/59/83 datestamp: 2017-07-07 02:45:53 lastmod: 2017-07-07 02:45:53 status_changed: 2017-07-07 02:45:53 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MUSLIKHUDIN, NIM. 99454385 title: HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN AWAL KIMIA DAN PERSEPSI TENTANG PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI MAN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2005/2006 ispublished: pub subjects: tad divisions: jur_tad full_text_status: restricted keywords: Kemampuan, persepsi, pembe/ajaran, klmia note: Drs. H. Sedya Santosa. S.S, M.Pd. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak hubungan yang positif dan berarti dari kemampuan awal kimia dan persepsi tentang pembelajaran kimia dengan prestasi belajar kimia siswa kelas XI MAN Yogyakarta II tahun ajaran 2005/2006. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode angket dan dokumcntasi. Metode angket digunakan untuk memperoleh data persepsi tentang pcmbclajaran kimia. Data tentang kemampuan awal kimia dan prestasi belajar imia diperoleh mclalui metode dokumentasi. Hasil analisis regresi ganda dalam penelitian ini menui.1jukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan awal kimia dan persepsi tcntang pembelajaran kimia dengan prestasi belajar kimia siswa. Korelasi tersebut ditun_iukkan mclalui persamaan regresi ganda Y = 0,579XI + 0,956 X2- 29,545. Hasil perhitungan koefisien korelasi ganda diperoleh Ry 1,2 = 0,498 dengan sumhangan efektif sehesar = 24,81 %. Hasil uji signifikansi F hitung = 9,239 lchth I'ICsar dari F tabel pada taraf signifikansi 5% dan df= 2/56, sebesar 3,162. Uji hirotesis korclasi parsial diperoleh koefisien korelasi parsial Tyt-2 = 0,379 dengan sumbangan cfektif sebesar = 13,65 %. Uji signifikansi t hitung = 3,268 lchih hcsar dari 1 tabel pada taraf 5 % dan df = 56, sebesar = 2,003. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang positifdan bennakna antara kemampuan awal kimia dengan prestasi belaj&r kimia siswa bi)a persepsi tentang pembelajaran kimia dikendalikan. Berdasarkau hasil analisis juga dapat diketahui bahwa ada hubungan yang positif dan bennakna antara persepsi tentang pembelajaran kimia dengan prestasi bclajar kimia siswa bila kemampuan awal kimia dikendalikan . Hasil perhitungan koefisien korelasi parsial diperoleh ry2-t = 0,345 dengan sumbangan efektif = 11,16 %. Uji signifikansi diperoleh t hitung = 2,971 lebih besar dari t tabel pada taraf 5 % dan df = 56, sebesar = 2,003. Dengan demikian, variabel kemampuan awal kimia dan persepsi tentang pembelajaran kimia memiliki pengaruh terhadap variasi prestasi belajar kimia siswa. date: 2006-12-07 date_type: published pages: 107 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: MUSLIKHUDIN, NIM. 99454385 (2006) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN AWAL KIMIA DAN PERSEPSI TENTANG PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI MAN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2005/2006. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25983/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25983/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf