eprintid: 25985 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/02/59/85 datestamp: 2017-07-07 02:51:32 lastmod: 2017-07-13 07:59:07 status_changed: 2017-07-07 02:51:32 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ENENG RIHANAH KAMILAH, NIM. 01450710 title: STUD I STRA TEGI PEMBELAJARAN SAINS DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERP ADU (SDIT) HIDAYATULLAH BALONG DONOHARJO NGAGLIK SLEMANDIY ispublished: pub subjects: pen_bio divisions: jur_tad full_text_status: restricted keywords: Strategi, Pembelajaran, Pembe/ajaran Sains, Pembe/ajaran Terpadu, Pendekatan Metode, Media, Evaluasi Pendidikan. note: Drs. Paidi, M.Si abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pembelajaran Sains di SDIT Hidayatullah Sleman DIY dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pembelajaran sains di sekolah tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pembelajaran Sains yang dilaksanakan di SDIT Hidayatullah DIY. Sampel dalam penelitian ini adalah pembelajaran Sains kelas 3, 4, dan 5. ini adalah penelitian survey. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan reduksi data, display data dan verifikasi (penafsiran). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran sains di SDIT Hidayatullah Sleman DIY disusun berdasarkan pada format mengintegrasikan kurikulum nasional dengan kurikulum lokal yaitu kurikulum berbasis tauhid. strategi pembelajaran meliputi pendekatan, metode dan media pembelajaran sampai pada evaluasi pembelajaran. Pendekatan yang dilakukan adalah dengan pendekatan kontekstual, pembelajaran dengan pendekatan induktif dan deduktif, pendekatan proses, inkuiri, rasional, dan eksplorasi. Metode yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, diskusi, eksperimen, observasi, eksplorasi, penugasan dan CD Audio Visual. Media pembelajaran berupa alam langsung, media model, charta, alat-alat sederhana yang ada disekitar, CD Harun Y ahya, seperangkat lab kit. Faktor pendukung adalah alam yang asri, guru yang kompeten dibidangnya, media pembelajaran yang memadai, tersedianya buku-buku penunjang sains dan kerjasama yang baik dengan para pakar pendidikan. Faktor penghambat adalah belum adanya pedoman kurikulum, beberapa ruang kelas terbuka, belum ada laboratorium khusus Sains. date: 2006-07-30 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS TARBIYAH thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: ENENG RIHANAH KAMILAH, NIM. 01450710 (2006) STUD I STRA TEGI PEMBELAJARAN SAINS DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERP ADU (SDIT) HIDAYATULLAH BALONG DONOHARJO NGAGLIK SLEMANDIY. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25985/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25985/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf