%0 Thesis %9 Skripsi %A MUH NAWAWI B, NIM. 99 414 615 %B FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2006 %F digilib:25991 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Behavioristik Skinner, pembelajaran akhlak %P 134 %T PENDEKATAN BEHAVIORISTIK SKINNER DALAM PEMBELAJARAN AKHLAK (KAJIANMETODEPEMBEJAJARANAKBLAKANAK USIA BERDAW'KAN KURIKULUM DEPARTEMEN AGARNA) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25991/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana pendekatan behavioristik Skinner dalam pembelajaran akhlak anak usia prasekolah berdasarkan kurikulum Departemen Agama, meliputi: (1) Munculnya teori belajar dan konsep pembelajaran behaviorisme Skinner, (2) Perkembangan akhlak dan nilai-nilai agama anak usia prasekolah, (3) Pembelajaran akhlak anak usia prasekolah berdasarkan kurikulum Departemen Agama, (4) Strategi pembelajaran akhlak anak usia prasekolah, (5) Pendekatan behavioristik Skinner dalam pembelajaran akhlak anak usia prasekolah berdasarkan kurikulum Departemen Agam a. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Objek penelitiannya adalah adaptasi pendekatan behaviorisme Skinner dalam pembelajaran akhlak anak usia prasckolah berdasarkan kurikulum departemen agama, yaitu dengan pendekatan analisis tekstual (texstual analysis) dan analisis kontekstual (conlexstual analysis). Data diperoleh melalui data primer dan data sckunder yang relevan dengan pembahasan penclitian kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: adaptasi pendekatan behaviorisme Skinner dalam pembelajaran akhlak anak usia prasekolah pada kurikulum Departemen Agama cocok untuk digunakan bagi para pendidik. Untuk mencapai hal itu, guru dapat menggunakan materi pembelajaran akhlak yang sudah ada dalam kurikulum departemen agama, yaitu: akhlak kepada Allah, manusia dan lingkungan. Agar model pembel