@phdthesis{digilib25993, month = {October}, title = {PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGA ISLAM PADA PROGRAM TERAPI ANAK AUTIS (USIA 9-12 TAHUN) DI CITRA MULIA MANDIRI YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 02411467 ISNANIK WIIAYANTI}, year = {2006}, note = {Drs. H.Abdullah Fadjar, :M.Sc,}, keywords = {Terapi anak autis, Citra Mulia Mandiri}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25993/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode yang digunakan dalam pembelajaran PAl pada program terapi anak autis (usia 9-12 tahun) di SLB Citra Mulia Mandiri Yogyakarta serta mengetahui bagaimana hasil dari pelaksanaan pembelajaran PAl. Penelitian ini merupakan peJ{$\backslash$}elitian kualitatif, dengan mengambil latar SLB Citra Mulia Mandiri Yogyakarta. Pengumpulan data dil akukan dengan mengadakan observasi, interview dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan 4 komponen kegiatan yaitu pengumpuhn data, reduksi data, penyajian data dan trakhir verifikasi data. Sedangkan 1mtuk keabsahan data penulis menggunakan triangulasi. tJ Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran yang digunakan guru Pendidikan Agama Islam di Citra Mulia Mandiri adalah menggunakan metode ceramab, metode tanya jawab, metode drill dan metode demonstrasi . Sedangkan dari hasil penelitian penulis dapat menjelaskan bahwa tingkat keberhasilan murid di bidang Pendidikan Agama Islam telah mengalami perkembangan, ini dapat dilihat melalui kemampuan mereka dalam membaca lqro, mengbafal surat-surat pendek , mengbafal doa sebari-bari dan praktek sholat dan dapat dilihat pada buku catatan perkembangan siswa serta hasil evaluasi Tes Formatif Dengan demikian perkembaugan yang dialami siswa. bisa dijadikan indikasi bahwa tujuan pembelajaran PAl di Citra Mulia Mandi1i sudah tercapai walaupun masih belum maksimal. Kurang maksimalnya tujuan tersebut terjadi pada siswa yang kemampuan akademilrnya . dibawah normal, sehingga kemampuan akademiknya sulit untuk dikembangkan, mengingat kondisi anak autis. v} }