@phdthesis{digilib25994, month = {August}, title = {STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR BIOLOGI ANTARA SANTRI DAN NONSANTRI DI MAN AWIPARI TASIKMALAYA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 01450806 IRPAN MIPTAHUL PALAH}, year = {2006}, note = {Drs. Paidi, M.Si}, keywords = {Santri, Nonsantri, Prestasi Belajar Biologi}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25994/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan dalam prestasi belajar Biologi siswa kelas X antara santri dan nonsantri dalam pemahaman konsep perubahan dan pencemaran lingkungan di MAN Awipari Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan 1 hipotesis yaitu terdapat perbedaan prestasi belajar Biologi antara santri dan nonsantri di MAN Awipari Tasikmalaya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MAN Awipari Tasikmalaya yang berjumlah 5 kelas. Adapun sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas, yaitu kelas X. 1 dan X. 2 dengan alasan karena pada kelas terse but jumlah siswa yang berstatus santri dan jumlah siswa yang berstatus nonsantri hampir seimbang, dan diampu oleh guru mata pelajaran yang sama. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis diperoleh data thit = 0,570, ttabel = 2,00 dan p 0,578. Berarti thit {\ensuremath{<}} ttabel dan p {\ensuremath{>}} 0,05 dengan taraf signifikansi 5\%. Hal ini membuktikan bahwa perbandingan prestasi belajar santri dan nonsantri tidak signifikan. Dengan demikian, maka hipotesis altematif (Ha) ditolak, sehingga dalam penelitian ini tidak terdapat perbedaan prestasi belajar Biologi antara santri dan nonsantri di MAN Awipari Tasikmalaya yang signifikan. Tidak adanya perbedaan prestasi ini karena tes prestasi belajar yang dijadikan pengukuran pada penelitian ini hanya pada ranah kognitif. Lingkungah belajar dan cara belajar dalath penelitian ini tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perbedaan prestasi belajar Biologi Siswa. Selain itu perbedaan aktivitas dan banyaknya materi yang dipelajari, tidak mempunyai pengaruh yang sigifikan terhadap perbedaan prestasi belajar Biologi} }