<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "HERMENEUTIKA AL-QUR'AN MUIJAMMAD SYMJRUR\r\n\\\r\nTENTANG ASAL-USUL PERADABAN MANUSLA\r\n\r\n(STUDI KRITIS DALAM HORISON RELASI SAINS DAN AGAMA)"^^ . "ABSTRAK\r\n\r\nPersoalan seputar bagaimana kehidupan dan pcradaban manusia bermula merupakan diskursus yang \r\ndiperdebatkan baik kalangan saintis pengagum t e ri voJ u:i, pcnganut faham kre 'ionisme, maupun \r\nkelompok agamawan. lni mengisyaratkan adanya 'problem' antara basil tcmuan ilmiah (sains dengan \r\ntafsiran atas tcks kitab suci. Dalam kont ks inilah penuli m nyajikan penelitian ata · pemikiran \r\nMulanunad Sya1rlir dengan fokus hermeneutika al-Qur annya tentang asal-usuJ peradaban manusia, \r\nyang penulis dudukkan dalam konteks relasi sains dan agama. Dua persoaJan mendasar yang diajukan \r\nadalalr 1). Bagaimanakab hermeneutika (fa wJI) al-Qur'an Mul ammad Syalp-ur teutang asal-u uL \r\nperadaban man usia? ; 2). agaimanakah posisi hermcneutika (ta'wll) al-Qur'an Syalrlir tentang a \r\naJ-usul peradaban manusia dalam kont ks r Jru i\r\n·ains dan agama?\r\nPcnelitian 1m cpcnuhnya bcrsifat kcpustakaan. Dengan p ndckatan hcrmcneutik b ru ·ah diungkap \r\ngagasan fundamental di balik konstruksl henneneutika\r\nal-Qur'an Syalriir. Dari dua persoalan di atas didapati bahwa· pertoma., k n\"·truksi\r\nhcrmeneutika Syal)riir didasarkan pada landasan ontologis dialektika dalam \r\nrelasi lial kti antara b ing/kaym1oah ': become ayriirah', dan '17 com.iiJg/.sayriira.h · atau \r\ndisebut dialektika 'tasbi/J : Dialektika ini meni cayakan perubahan daJam \r\nrealjta: alam. Dengan m n afinnasi t ri arwin, p afsiran Sya \r\nrur menginformasikan bahw a a ·aJ-u ·ul manus1a Lidaklab Hmulai leh Adam. la \r\nadaJah so· k basyaryang scbclumnya bid up dengan pola bcwani. etelah diberi rub ia mampu \r\nmelakukan ab traksi ra ·ional dan b ran .fonnasi menjadi im;iio, m anusia bcradab . Jadi , \r\nAdam adalah bapak in ·in bukan basya.r. Peruupan ruh upakan ·awaban at a mis. ing \r\nli11k tc ri v Ju ·i Darwin dan m njalli litik tolak dipilihnya ba • arm njadi khalifah \r\ndi bmni yang ·i p menerima risiilah dan nubuwwah. Dcngan kcduanya manusia scmakin menjadi \r\nlebih era a , ditandai dengan mun uloya k 'adaran berkcluarga dan tcijadinya \r\n di erensiasi budaya eiring dengan bcrkcmbangnya pengetahuan manusia.\r\nKcdua dalam k nteks rclasi ·ain dan agama, secara mctodologis Syalp-iir tclab mengembalikan \r\ncmpat sebab causa); formal, final, efisien dan material dalam hcrmcneutikanya \r\nteotang asal-usuJ peradaban manu ·ia. i mana, dalam pada paradigma arte \r\n·ian-Newt nian sebab formal dan s ba.b final dinafikan sama sekaJi, seltingga te ri ilmiah \r\nkehilangan spiritua 'ta ·nya. Sebab formal tcrlctak pada penegasan y$iir bahwa seluruh \r\ncksistensi alam semesta diciptakan bukan dari ketiadaao dan secara kebetulan. la sebelumnya \r\ntelah eksis dalam pengetahuan (ide) Tuhan yang tidak bi ·a di ·ebut s agai kctiadaan. Sebab \r\nfinalnya ia Landa kan bahwa man usia diciptakan untuk menjacli khalifah eli b · yang \r\nertanggung jawab m ngcmban mlsi oubuwwa.h dan dsilah. Dua aspek fundamental bagi \r\nperkembangan peradaban manusia\r\n·elanjutnya.\r\nDalam konteks rclasi ains dan agama, usaha syahrur ini bisa disebut sebagai upaya untuk \r\nmenjembatani kebuntuan dan kesenjangan yang terjadi antara basil tcmuan teori ilmiaJt dan d ktrin \r\nkeagamaan yang cenderung mengklaim kebenarannya masing-ma ·ing."^^ . "2005-03-16" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDDIN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 9853 2643"^^ . "ZUHRI MBH TOHA NIM"^^ . "NIM. 9853 2643 ZUHRI MBH TOHA NIM"^^ . . . . . . "HERMENEUTIKA AL-QUR'AN MUIJAMMAD SYMJRUR\r\n\\\r\nTENTANG ASAL-USUL PERADABAN MANUSLA\r\n\r\n(STUDI KRITIS DALAM HORISON RELASI SAINS DAN AGAMA) (Text)"^^ . . . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "HERMENEUTIKA AL-QUR'AN MUIJAMMAD SYMJRUR\r\n\\\r\nTENTANG ASAL-USUL PERADABAN MANUSLA\r\n\r\n(STUDI KRITIS DALAM HORISON RELASI SAINS DAN AGAMA) (Text)"^^ . . . . . "HERMENEUTIKA AL-QUR'AN MUIJAMMAD SYMJRUR\r\n\\\r\nTENTANG ASAL-USUL PERADABAN MANUSLA\r\n\r\n(STUDI KRITIS DALAM HORISON RELASI SAINS DAN AGAMA) (Other)"^^ . . . . . . "HERMENEUTIKA AL-QUR'AN MUIJAMMAD SYMJRUR\r\n\\\r\nTENTANG ASAL-USUL PERADABAN MANUSLA\r\n\r\n(STUDI KRITIS DALAM HORISON RELASI SAINS DAN AGAMA) (Other)"^^ . . . . . . "HERMENEUTIKA AL-QUR'AN MUIJAMMAD SYMJRUR\r\n\\\r\nTENTANG ASAL-USUL PERADABAN MANUSLA\r\n\r\n(STUDI KRITIS DALAM HORISON RELASI SAINS DAN AGAMA) (Other)"^^ . . . . . . "HERMENEUTIKA AL-QUR'AN MUIJAMMAD SYMJRUR\r\n\\\r\nTENTANG ASAL-USUL PERADABAN MANUSLA\r\n\r\n(STUDI KRITIS DALAM HORISON RELASI SAINS DAN AGAMA) (Other)"^^ . . . . . . "HERMENEUTIKA AL-QUR'AN MUIJAMMAD SYMJRUR\r\n\\\r\nTENTANG ASAL-USUL PERADABAN MANUSLA\r\n\r\n(STUDI KRITIS DALAM HORISON RELASI SAINS DAN AGAMA) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "HERMENEUTIKA AL-QUR'AN MUIJAMMAD SYMJRUR\r\n\\\r\nTENTANG ASAL-USUL PERADABAN MANUSLA\r\n\r\n(STUDI KRITIS DALAM HORISON RELASI SAINS DAN AGAMA) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "HERMENEUTIKA AL-QUR'AN MUIJAMMAD SYMJRUR\r\n\\\r\nTENTANG ASAL-USUL PERADABAN MANUSLA\r\n\r\n(STUDI KRITIS DALAM HORISON RELASI SAINS DAN AGAMA) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "HERMENEUTIKA AL-QUR'AN MUIJAMMAD SYMJRUR\r\n\\\r\nTENTANG ASAL-USUL PERADABAN MANUSLA\r\n\r\n(STUDI KRITIS DALAM HORISON RELASI SAINS DAN AGAMA) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #26012 \n\nHERMENEUTIKA AL-QUR'AN MUIJAMMAD SYMJRUR \n\\ \nTENTANG ASAL-USUL PERADABAN MANUSLA \n \n(STUDI KRITIS DALAM HORISON RELASI SAINS DAN AGAMA)\n\n" . "text/html" . . . "Tafsir Hadist"@en . .