<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KONSEP MANUNGGALING KAWULA-GUSTI\r\n\r\nDALAM SERAT SITIDJENAR\r\n\r\nKARYA RADEN SASRAWIDJAJA"^^ . "Masyarakat Jawa merupakan masyarakat yang inklusif. Artinya mereka dapat menerima hal-hat yang baru \r\nmasuk dalam lingkungannya selama tidak rnemasung perkembangan kebudayaan leluhur yang telah mereka \r\nanut sejak lama. [slam sebagai hal baru yang datang di tengah masyarakat Jawa rupanya dapat \r\nditerima dengan baik oleh mereka. Namun hanya ajaran Islam yang telah dipadukan dengan kearifan \r\nlokal masyarakat Jawalah yang dapat diterima oleh mereka. Sebab masyarakat Jawa merupakan kelompok \r\n masyarakat yang memegang teguh tradisi Jeluhur.\r\nSyaikh Siti Jenar sebagai salah satu tokoh penyebar fslam di Jawa\r\nmerupakan icon perubahan masyarakat Jawa. Islam yang diajarkanya kepada mereka rupanya mampun \r\nrnenarik perhatian mereka. Ajaran yang disampaikannya mampu merubah keyakinan Hinduisme-Buddhisme \r\nyang telah lama mereka anut menjadi keyakinan baru Islam. Sedangkan lslam yang diajarkannya \r\nmerupakan perpaduan inti ajaran Islam yang mengarah pada konsep penyatuan hamba dengan Tuhannya \r\natau disebut manunggaling kawula-gusti dengan kearifan masyarakat Jawa yang telah meyakini adanya \r\nSungkun Paraning Dunwdi yang manunggal dengan hamba-Nya . Sehingga masyarakat Jawa tidak canggung \r\nlagi untuk memeluk Islam sebagai agama baru.\r\nRaden Sasrawidjaja sebagai salah satu penggagas sejarah Jawa merasa terpanggil untuk menuliskan \r\nkonsep ajaran yang disampaikan oleh Syaikh Siti Jenar. Untuk itulah ia menulis sebuah buku dengan \r\njudul SeruL Sitidjenar yang mana dalam sera/ ini ia berusaha untuk memaparkan sejarah dan \r\najaran-ajaran yang disampaikan oleh Syaikh Siti Jenar. Namun rupanya ajaran tersebut menuai banyak \r\nkontroversi. Meskipun demikian, hal ini tidak mengurangi minai untuk memaparkan sejarah secara \r\nsubyektif.\r\nRupanya konsep mammggaling kawula-gusti yang disampaikan oleh\r\nSyaikh Siti Jenar banyak mengadopsi pemikiran Ibn 'Arabi tentang wa 1dah alĀ­ wujLid dan al-Hallaj \r\ntentang wtll;dah til-udyiin. Namun demikian apa yang disampaikannya tetap memiliki suatu \r\nkarakteristik yang telah dipadukan dengan kearifan lokal Jawa. Karena itulah ajarannya banyak \r\nmenuai kontroversi dengan banyaknya klaim yang ditujukan kepadanya bahwa ajarannya merupakan ajaran \r\natheisme. Padahal inti ajaran Islam yang hendak disampaikan olehnya adalah konsep penyatuan hamba \r\ndengan Tuhannya sebagai realisasi dari konsep penciptaan manusia sebagai insan kamil yang memi!iki \r\nhakikat taja/!i Tuhannya, namun tetap menjadi manusia biasa yang memiliki aktivitas manusiawi.\r\nRadt:.l Sasrawidjaja dalam penjabarannya rupanya tidak hanya\r\nrnenjabarkan konsep mammgga/ing kcrwula-gusti yang disampaikan oleh Syaikh Siti Jenar, namun ia \r\njuga menjabarkan ajaran-ajaran yang dipahami dan diyakini oleh murid-muridnya, yang mana \r\n da!am realitasnya banyak terdapat penyimpangan yang terdapat dalam ajaran \r\nkemammggalan yang disampaikan Syaikh Siti Jenar kepada murid-muridnya. Untuk itu perlu adanya \r\nanalisis yang mendalam untuk memahami konsep mallungga/ing kmvula-gusti sebagai konsep \r\nkeislaman yang universal. Demikian pula hendaknya perlu dicermati ajaran Islam inklusif yang mampu \r\nmendorong manusia untuk memaksimalkan potensi dirinya"^^ . "2005-06-16" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDDIN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM . 00510073"^^ . "YUlJANA PENTA PUSPlTA"^^ . "NIM . 00510073 YUlJANA PENTA PUSPlTA"^^ . . . . . . "KONSEP MANUNGGALING KAWULA-GUSTI\r\n\r\nDALAM SERAT SITIDJENAR\r\n\r\nKARYA RADEN SASRAWIDJAJA (Text)"^^ . . . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "KONSEP MANUNGGALING KAWULA-GUSTI\r\n\r\nDALAM SERAT SITIDJENAR\r\n\r\nKARYA RADEN SASRAWIDJAJA (Text)"^^ . . . . . "KONSEP MANUNGGALING KAWULA-GUSTI\r\n\r\nDALAM SERAT SITIDJENAR\r\n\r\nKARYA RADEN SASRAWIDJAJA (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP MANUNGGALING KAWULA-GUSTI\r\n\r\nDALAM SERAT SITIDJENAR\r\n\r\nKARYA RADEN SASRAWIDJAJA (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP MANUNGGALING KAWULA-GUSTI\r\n\r\nDALAM SERAT SITIDJENAR\r\n\r\nKARYA RADEN SASRAWIDJAJA (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP MANUNGGALING KAWULA-GUSTI\r\n\r\nDALAM SERAT SITIDJENAR\r\n\r\nKARYA RADEN SASRAWIDJAJA (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP MANUNGGALING KAWULA-GUSTI\r\n\r\nDALAM SERAT SITIDJENAR\r\n\r\nKARYA RADEN SASRAWIDJAJA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KONSEP MANUNGGALING KAWULA-GUSTI\r\n\r\nDALAM SERAT SITIDJENAR\r\n\r\nKARYA RADEN SASRAWIDJAJA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KONSEP MANUNGGALING KAWULA-GUSTI\r\n\r\nDALAM SERAT SITIDJENAR\r\n\r\nKARYA RADEN SASRAWIDJAJA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KONSEP MANUNGGALING KAWULA-GUSTI\r\n\r\nDALAM SERAT SITIDJENAR\r\n\r\nKARYA RADEN SASRAWIDJAJA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #26018 \n\nKONSEP MANUNGGALING KAWULA-GUSTI \n \nDALAM SERAT SITIDJENAR \n \nKARYA RADEN SASRAWIDJAJA\n\n" . "text/html" . . . "Filsafat Islam" . .