%A NIM. 02411218 MUKODI %O Mahmud Arif, M. Ag %T IMPLIKASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM Q. S. LUQMAN: 12-19 TERHADAP KEPRIBADIAN ANAK %X MUKODI. Implikasi Nilai-nilai Pendidikan Islam Dalam Q.S. Luqman: 12-19 Terhadap Kepribadian Anak. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2005. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis sec.ara kritis nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam Al-Quran surat Luqman ayat 12-19, serta mengetahui implikasi apa saja yang ikut mempengaruhi kepribadian anak berdasarkan nilai-nilai pendidikan Islam tersebut. Hasil skripsi ini diharapkan dapat digunakan sebagai media informasi oleh para orang tua, guru dan masyarakat yang berkepentingan terhadap Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, termasuk dalam kategori penelitian kepustakaan (library research). Pengumpulan data didasarkan pada data primer dan data skunder yang dilakukan dengan cara membaca, menelaah, meneliti dan mengumpulkan buku-buku yang berisi teori, pendapat atau pandangan para pakar yang terkait. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik deskriptif-analitik, metode penalaran dan metode komparatif. Hasil penelitian menunjukkan: I) nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam Q. S. Luqman: 12-19 terdiri dari tiga hal, yaitu pendidikan aqidah yang meliputi: larangan menyekutukan Allah dan meyakini adanya tempat kembali. Pendidikan syariah yang berisi tentang proses penyapihan anak, perintah mendirikan shalat, dan perintah amar rna 'ruf nahi mungkar. Serta pendidikan akhlak, berisi tentang pendidikan mensyukuri nikrnat Allah, berbakti kepada kedua orang tua, mengajarkan tentang etika bermasyarakat; 2) implikasi nilai-nilai pedidikan Islam yang terkandung dalam surat Luqman tersebut, menjadikan pembentukan kepribadian yang lslami sebagai salah satu pilihan guna membentengi anak sedini mungkin dari pengaruh lingkungan yang negatif. Caranya melalui pelbagai metode yang dianggap cukup representatif, di antaranya dengan menggunakan metode keteladanan, nasihat, dan pengawasan. Metode keteladan ini diperlukan mengingat pada fase-fase pertama anak masih terkait dengan panca inderanya, belum mampu berfikir secara logis dan maknawi (abstrak). Sedangkan metode nasihat dan pengawasan berfungsi sebagai tindak lanj ut dari metode keteladanan sampai anak memasuki usia remaja awal. viii .. %K nilai-nilai pendidikan, anak sekolah, kepribadian, pisikologi %D 2006 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib26019