eprintid: 26020 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/02/60/20 datestamp: 2017-07-10 01:38:00 lastmod: 2017-07-13 08:08:21 status_changed: 2017-07-10 01:38:00 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MUYASSAROH, NIM. 99434360 title: STlJDI HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN SPIRITUAL DAN KEMAMPUAN PENALARAN DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SJSWA KELAS II SEMESTER II MTs ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2003/2004 ispublished: pub subjects: pen_mat divisions: jur_tad full_text_status: restricted keywords: Kecerdasan emosional, Kecerdasan spiritual, Kemampuan, enalaran Prestasi be!ajar rnatematika note: Drs. Edi Prajitno, M.Pd abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan kemampuan penalaran dengan prestasi belajar matematika siswa kelas II semester II MTs Ali Maksum Krapyak Yogyakarta Tahun ajaran 2003/2004. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II semester II MTs Ali Maksum Krapyak Yogyakarta Tahun ajaran 2003/2004 yang berjumlah 100 siswa, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IIC dan liD sebanyak 40 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan dua metode, yaitu metode angket untuk kecerdasan emosional sebanyak 20 butir soal yang shahih dengan koefisien reliabilitas 0,9314; metode tes untuk kecerdasan spiritual sebanyak 14 butir yang shahih dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,8756~ metode tes untuk kemampuan penalaran sebanyak 5 butir soal yang shahih dengan koefisien reliabilitas 0,7815; dan metode tes untuk prestasi belajar Matematika sebanyak 9 butir soal yang shahih dengan koefisien rehabilitas 0,7754 Anahsis data yang digunakan adalah analisis korelasi dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) adanya hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar matematika dengan koefisien korelasi 0,634 dan persamaan regresi yang diperoleh adalah Y=9,050+0,443XJ. (2) adanya hubungan negatif antara kecerdasan spiritual dengan prestasi belajar matematika dengan koefisien korelasi0,086 dan persamaan regresi Y=23,177- 0,0394X2. (3) adanya hubungan positif antara kemampuan penalaran dengan prestasi belajar matematika dengan koefisien korelasi 0,902 dan persamaan regresi Y=-0,544 + 1,524X3. (4) adanya hubungan positif antara kecerdasan· emosional, kemarnpuan penalaran dengan prestasi belajar matematika dan adanya hubungan negatif antara kecerdasan spiritual dengan prestasi belajar maternatika dengan koefisien 0,0907 dan persamaan regresi Y=1,175 + 0,06392X1-0,05031X2 + 1,421X3. (5) besarnya kontribusi atau surnbangan relatif dari variabel Xl=7,05%, variabel X2= 0,71% dan variabel X,= 92,24% sedangkan sumbangan efektif dari variabel X1= 5,8%,variabel X2= 0,6% dan variabel X2= 75,9%. date: 2004-08-05 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS TARBIYAH thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: MUYASSAROH, NIM. 99434360 (2004) STlJDI HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN SPIRITUAL DAN KEMAMPUAN PENALARAN DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SJSWA KELAS II SEMESTER II MTs ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2003/2004. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26020/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26020/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf