@phdthesis{digilib26021, month = {April}, title = {ANALISIS PELAKSANAAN SUPERVISI PENDIDIKAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU FISIKA DI SMA/ MAN YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 01460795 NAFISAH KURNIAWATI}, year = {2006}, note = {Drs. Murtono, M. Si}, keywords = {supervisi pendidikan, pelaksanaan supervisi, teknik supervisi, hasil supervisi.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26021/}, abstract = {Secara umum superviSI pendidikan merupakan segenap bantuan yang ditujukan pada perbaikan-perbaikan dan pembinaan aspek pengajaran. Penelitian ini dimasudkan untuk menganalisis pelaksanaan supervisi pendidikan dalam upaya meningkatkan kompetensi guru, khususnya guru Fisika yaitu sekolah di bawah naungan Dinas Pendidikan dan Pengajaran (SMA Negeri 9 Yogyakarta), sekolah di bawah naungan Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Sekolah Menengah Atas (SMA Muhammadiyah 1 Y ogyakarta), dan sekolah di bawah naungan Departemen Pendidikan Agama (MAN Y ogyakarta I dan MAN Y ogyakarta III). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji hal-hal yang meliputi: (1) pelaksanaan supervisi pendidikan dalam upaya meningkatkan kompetensi guru Fisika, (2) teknik-teknik yang dipakai supervisor dalam upaya meningkatkan kompetensi guru Fisika, (3) hasil yang dicapai dari pelaksanaan supervisi pendidikan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan hasilnya digambarkan dengan kata-kata menurut kategori untuk memperoleh kesimpulan. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi langsung, dan dokumentasi. Metode analisa data yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa hal, yaitu: (1) secara urn urn Kepala Sekolah di setiap sekolah melaksanakan kegiatan supervisinya yang meliputi supervisi akademis dan supervisi klinis, (2) teknik supervisi yang dilakukan oleh supervisor/ Kepala Sekolah untuk meningkatkan kompetensi guru Fisika meliputi kunjungan kelas, pertemuan pribadi, dan rapat sekolah, (3) secara umum setelah diadakan kegiatan supervisi, kompetensi guru khususnya guru Fisika mengalami peningkatan, meskipun ada beberapa hal yang masih perlu ditingkatkan lagi.} }