<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "MITOS BATU GILANG DITINJAU DARI PERSPEKTIF STRUKTURALISME LEVI-STRAUSS\r\n\r\n(STUDI TERHADAP BABAD TANAHFAWI (GALUH-MATARAM))"^^ . "Masyarakat Jawa merupakan \"ladang\" potensial yang masih memendam\r\nsegudang informasi budaya untuk dapat digali seiring dengan perkembangan\r\nwaktu. Harus diakui bahwa usaha untuk mengungkap alam pikiran, pandangan dan kehidupan orang Jawa \r\ntidak akan pernah tuntas bahkan masih diperlukan cara-cara baru dalam mengungkap \"misteri\" \r\nkebudayaan tersebut. Salah satu misteri tersebut adalah mitos, dalam hal ini mitos Batu Gilang yang \r\npeneliti pilih sebagai bahan penelitian. Karena dalam mitos ini tercermin relasi-relasi simbolis \r\nantara berbagai elemen prinsip yang berbeda atau bahkan yang dianggap berlawanan sama sekali. \r\nSehingga menarik untuk digali deep structure (makna) di balik mitos tersebut.\r\n\"With myth, everything becomes possible\". Demikian kata Claude Levi­\r\nStrauss ketika mengungkapkan konsepnya tentang mitos dan mencoba menganalisanya. Baginya mitos \r\nmerupakan sebuah mimpi kolektif dan basis ritual yang dapat menjadi jendela analisis untuk melihat \r\nproblem suatu masyarakat yang terpendam dalam tingkat nir-sadar mereka.\r\nPenelitian ini adalah penelitian teks (literer) dan termasuk dalam library research \r\n(perpustakaan). Adapun pengumpulan data penelitian dilakukan melalui metode dokumentasi terhadap \r\ndata primer dan data sekunder. Data primer pertama, adalah teks narasi mitos Batu Gilang yang \r\ntertuang dalam Babad Tanah Jawi (Galuh Mataram). Kedua, buku-buku tentang strukturahsme \r\nLevi-Strauss, mitos, dan kebudayaan Jawa. Sedangkan data sekunder adalah data yang berkaitan\r\n-baik langsung ataupun tidak langsung- dengan data primer. Selain itu sebagai\r\npelengkap -untuk mencari inforrnasi keberadaan mitos tersebut- peneliti melakukan interview dengan \r\nmasyarakat pendukung mitos ini. Selanjutnya data tersebut dianalisis dengan menggunakan kerangka \r\npemikiran strukturalisme Levi­ Strauss.\r\nHasil analisis dalam penelitian ini menggambarkan bahwa dalam mitos Batu\r\nGilang ditemukan struktur berpikir orang Jawa. Struktur pemikiran ini mencerrninkan upaya kognitif \r\norang Jawa pra-Islam untuk menyelaraskan dan menggabungkan berbagai elemen budaya Islam dalam \r\nsuatu kerangka simbolis yang dapat mereka gunakan untuk menafsirkan, memahami berbagai prinsip \r\najaran, perilaku dan lingkungan yang mereka hadapi dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, mitos \r\nini juga mencerminkan salah satu hasil proses sinkretisasi di bidang \"agama\" di kalangan orang \r\nJawa. Sinkretisasi ini peneliti temukan dalam dua tataran. Pertama, tataran kepercayaan dan \r\nperilaku, melalui kisah ini orang Jawa dapat memandang hal-hal yang bersifat pra-Islami, Jawa dan \r\nlslami sebagai unsur-unsur yang berhubungan satu sama lain secara harrnonis yang kemudian disebut \r\ndengan \"Agama Jawi\" atau Kejawen. Kedua, tataran kekuasaan keraton, mitos ini dijadikan sebagai \r\nalat legitimasi bagi apa yang diyakini pada keraton Mataram Yogyakarta, yaitu keraton menganut \r\nagama Islam, sehingga kemudian Islam menjadi ideologi yang dominan. Namun tidak menafikan adanya \r\npraktek­ praktek mistik di dalamnya"^^ . "2005-05-18" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDDIN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 99522993"^^ . "FAISOL"^^ . "NIM. 99522993 FAISOL"^^ . . . . . . "MITOS BATU GILANG DITINJAU DARI PERSPEKTIF STRUKTURALISME LEVI-STRAUSS\r\n\r\n(STUDI TERHADAP BABAD TANAHFAWI (GALUH-MATARAM)) (Text)"^^ . . . . . "MITOS BATU GILANG DITINJAU DARI PERSPEKTIF STRUKTURALISME LEVI-STRAUSS\r\n\r\n(STUDI TERHADAP BABAD TANAHFAWI (GALUH-MATARAM)) (Text)"^^ . . . . . "MITOS BATU GILANG DITINJAU DARI PERSPEKTIF STRUKTURALISME LEVI-STRAUSS\r\n\r\n(STUDI TERHADAP BABAD TANAHFAWI (GALUH-MATARAM)) (Other)"^^ . . . . . . "MITOS BATU GILANG DITINJAU DARI PERSPEKTIF STRUKTURALISME LEVI-STRAUSS\r\n\r\n(STUDI TERHADAP BABAD TANAHFAWI (GALUH-MATARAM)) (Other)"^^ . . . . . . "MITOS BATU GILANG DITINJAU DARI PERSPEKTIF STRUKTURALISME LEVI-STRAUSS\r\n\r\n(STUDI TERHADAP BABAD TANAHFAWI (GALUH-MATARAM)) (Other)"^^ . . . . . . "MITOS BATU GILANG DITINJAU DARI PERSPEKTIF STRUKTURALISME LEVI-STRAUSS\r\n\r\n(STUDI TERHADAP BABAD TANAHFAWI (GALUH-MATARAM)) (Other)"^^ . . . . . . "MITOS BATU GILANG DITINJAU DARI PERSPEKTIF STRUKTURALISME LEVI-STRAUSS\r\n\r\n(STUDI TERHADAP BABAD TANAHFAWI (GALUH-MATARAM)) (Other)"^^ . . . . . . "MITOS BATU GILANG DITINJAU DARI PERSPEKTIF STRUKTURALISME LEVI-STRAUSS\r\n\r\n(STUDI TERHADAP BABAD TANAHFAWI (GALUH-MATARAM)) (Other)"^^ . . . . . . "MITOS BATU GILANG DITINJAU DARI PERSPEKTIF STRUKTURALISME LEVI-STRAUSS\r\n\r\n(STUDI TERHADAP BABAD TANAHFAWI (GALUH-MATARAM)) (Other)"^^ . . . . . . "MITOS BATU GILANG DITINJAU DARI PERSPEKTIF STRUKTURALISME LEVI-STRAUSS\r\n\r\n(STUDI TERHADAP BABAD TANAHFAWI (GALUH-MATARAM)) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #26039 \n\nMITOS BATU GILANG DITINJAU DARI PERSPEKTIF STRUKTURALISME LEVI-STRAUSS \n \n(STUDI TERHADAP BABAD TANAHFAWI (GALUH-MATARAM))\n\n" . "text/html" . . . "Perbandingan Agama"@en . .