%0 Thesis %9 Skripsi %A INDAH KUSTARI, NIM. 99454378 %B FAKULTAS SYARI’AH DAN HUKUM %D 2006 %F digilib:26043 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Media Pembelajaran Biologi, Madrasah Aliyah Di DIY %P 70 %T STUDI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI MADRASAH ALIYAH DI DIY %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26043/ %X Penelitian ini bertujuan lmtuk mengetahui: 1) jenis-jenis media pembelajaran biologi yang digunakan di lingkungan Madrasah Aliyah di Daerah lstimewa Yogyakarta. 2) kualitas peoggunaan media pembelajaran biologi di lingktmgan Madrasah Ali yah di Daerah lstimewa Yogyakarta. Populas1 da1am penelitian ini adalah : kelas~kelas pembe1ajaran biologi yang diikuti siswa kelas II Madrasah Aliyah di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan teknik "purposive sampling" dan teknik "cluster sampling". Teknik purposive sampling digunakan untuk memilih 6 sekolah (Madrasah Aliyah) dari 32 sekolah (Madrasah Aliyah) yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Selanjutnya teknik cluster sampling digunakan karena semua kelas yang ada di sekolah yang terpihn, menjadi sampel penelitian. Selanjutnya mengenai jumlah sampel, penulis mengambil 20% dari masing-masing proporsi yang ada dalam populasi yang berjumlah 32 selmlah dengan perincian sehagai berikut: 1) MA kategori tinggi : MAN Yogyakarta I dan MAN Yogyakarta Ill, 2) MA kategori sedang: MAN Godean don MA Lab. Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 3) MA kategori rendah: MA Nurul Ummah dan MA Wahid Hasyim. Hasil dari penelitian ini adalah I) Jenis-jenis media pembelajaran biologi yang digunakan di lingkungan Madrasah Aliyah di Daerah lstimewa Yogyakarta bempa carta tentang berbagai jenis tumbuhan yang berproduksi secara vegetatif dan generatif, Carta tentang alat reproduksi bunga, Carta tentang empat macam penyerbukan, Perangkat percobaan untuk menumbuhkan serbuk sari, Obyek segar berupa bunga, Carta tentang organ reproduksi 1aki-1aki, Carta tentang susunan organ reproduksi perempuan, Carta tentang oogenesis, Carta tentang spermatogenesis, Gambar pertmnbuban fetus monusia, Carta tentang siklus menstruasi, Media audio visual berupa : VCD karya Harun Y ahya "Keajaiban Penciptaan Manusia", Awetan basah, Awetan kering jaringan pada tumbuhan, Awetan kering jaringan pada hewan, Mikroskop, Torso, dan LKS. 2). Madrasah AliyHh dengan kategori tinggi menggtmakan media pembelajaran biologi dengan baik. Sedangkan pada Madrasah Aliyah dengan kategori sedang cara penggunaan media pernbelajaran biologi dapat dikatak:an kurang bm'k. Madrasah Aliyah dengan kategori rendah penggunaan media pembelajaran biologi dikatakan tidak baik. %Z Drs. Paidi, M.Si.