<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PEMBELAJARAN MATEMA TIKA DENGAN PENDEKA TAN\r\nKONTEKSTUAL DALAM POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN\r\nLINIER DUA VARIABEL DI KELAS Vill SMP MUHAMrdAillYAH\r\nPAYAMAN MAGELANG"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran matematika\r\ndengan pendekatan kontekstual yang dilaksanakan di SMP Muhammadiyah\r\nPayaman Magelang pada pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel\r\nditinjau dari keterlaksanaan tujuh ko.mponen kontekstual dan respon siswa\r\nterhadap pembelajaran.\r\nPenelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. lnstrumen yang\r\ndigunakan adalah peneliti dengan bantuan lembar observasi, pedoman wawancara,\r\nangket dan dokumen. Lembar observasi merupakan sumber utama untuk\r\nmengetahui keterlaksanaan tujuh komponen kontekstual dalam pembelajaran.\r\nPedoman wawancara disusun untuk menanyakan hal-hal yang tidak atau kurang\r\njelas diamati pada saat observasi. Angket digunakan untuk mengetahui respon\r\nsiswa terhadap pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan cara: Reduksi data,\r\nTriangulasi, Display data ke dalam bentuk tabel dan kesimpulan.\r\nData yang diperoleh dikategorikan ke dalam kategori persiapan\r\npembelajaran, pelaksanaan dan respon siswa. Persiapan yang berhasil dilakukan\r\nadalah menyiapkan buku siswa yang sesuai dengan prinsip konstruktivisme,\r\nlembar masalah dan alat peraga. Pelaksanaan pembelajaran telah menerapkan\r\ntujuh komponen kontekstual yang meliputi: ( 1) Konstruktivisme, hal ini terlihat\r\ndari siswa mengkonstruksi pengetahuan mereka sendiri yaitu dengan bantuan dari\r\nbuku, Guru tidak mendominasi kelas, siswa banyak diberi kesempatan untuk\r\nbertanya, dan mengajukan pendapat. (2) inquiry, guru menyediakan lembar\r\nmasalah kontekstual yang beris~ soal yang mengarahkan siswa unt.1k menemukan\r\nmateri yang dipelajari, guru banyak memberi waktu untuk memecahkan masalah\r\nsendiri. (3) Questioning, siswa bertanya pada guru dan temannya. (4) Learning\r\nCommunity berupa dibentuknya kelompok. (5) Modelling dilakukan dengan\r\nmenggunakan alat peraga yaitu kertas karton berpetak untuk mengambar grafik\r\ndan pemberian contol. cara penyelesaikan soal. (6) Reflection ditul'jukkan dengan\r\nsiswa memperoleh pengetahuan baru berupa metode grafik, eliminasi, substitusi\r\ndan mampu membuat hubungan antara pengetahuan baru dengan kehidupan\r\nsehari-hari. (7) Authentic Assesment terlihat dari guru memberikan penilaian pada\r\nsaat pembelajaran, tugas dan ulangan harian. Respon siswa terhadap pembelajaran\r\nmatematika dengan pendekatan kontekstual ini sangat positif, dari angket dapat\r\ndiketahui bahwa dengan pendekatan yang baru ini sebanyak 81,5% menyatakan\r\nsemakin mudah memahami materi, dan sebanyak 94,7% rnenyatakan senang\r\nbelajar maternatika, sedang 94,7% menyatakan senang belajar kelompok."^^ . "2005-07-12" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS TARBIYAH, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 00430352"^^ . "NURUL FITRI TURFA'UL ULYA"^^ . "NIM. 00430352 NURUL FITRI TURFA'UL ULYA"^^ . . . . . . "PEMBELAJARAN MATEMA TIKA DENGAN PENDEKA TAN\r\nKONTEKSTUAL DALAM POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN\r\nLINIER DUA VARIABEL DI KELAS Vill SMP MUHAMrdAillYAH\r\nPAYAMAN MAGELANG (Text)"^^ . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PEMBELAJARAN MATEMA TIKA DENGAN PENDEKA TAN\r\nKONTEKSTUAL DALAM POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN\r\nLINIER DUA VARIABEL DI KELAS Vill SMP MUHAMrdAillYAH\r\nPAYAMAN MAGELANG (Text)"^^ . . . "PEMBELAJARAN MATEMA TIKA DENGAN PENDEKA TAN\r\nKONTEKSTUAL DALAM POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN\r\nLINIER DUA VARIABEL DI KELAS Vill SMP MUHAMrdAillYAH\r\nPAYAMAN MAGELANG (Other)"^^ . . . . . . "PEMBELAJARAN MATEMA TIKA DENGAN PENDEKA TAN\r\nKONTEKSTUAL DALAM POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN\r\nLINIER DUA VARIABEL DI KELAS Vill SMP MUHAMrdAillYAH\r\nPAYAMAN MAGELANG (Other)"^^ . . . . . . "PEMBELAJARAN MATEMA TIKA DENGAN PENDEKA TAN\r\nKONTEKSTUAL DALAM POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN\r\nLINIER DUA VARIABEL DI KELAS Vill SMP MUHAMrdAillYAH\r\nPAYAMAN MAGELANG (Other)"^^ . . . . . . "PEMBELAJARAN MATEMA TIKA DENGAN PENDEKA TAN\r\nKONTEKSTUAL DALAM POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN\r\nLINIER DUA VARIABEL DI KELAS Vill SMP MUHAMrdAillYAH\r\nPAYAMAN MAGELANG (Other)"^^ . . . . . . "PEMBELAJARAN MATEMA TIKA DENGAN PENDEKA TAN\r\nKONTEKSTUAL DALAM POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN\r\nLINIER DUA VARIABEL DI KELAS Vill SMP MUHAMrdAillYAH\r\nPAYAMAN MAGELANG (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PEMBELAJARAN MATEMA TIKA DENGAN PENDEKA TAN\r\nKONTEKSTUAL DALAM POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN\r\nLINIER DUA VARIABEL DI KELAS Vill SMP MUHAMrdAillYAH\r\nPAYAMAN MAGELANG (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PEMBELAJARAN MATEMA TIKA DENGAN PENDEKA TAN\r\nKONTEKSTUAL DALAM POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN\r\nLINIER DUA VARIABEL DI KELAS Vill SMP MUHAMrdAillYAH\r\nPAYAMAN MAGELANG (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PEMBELAJARAN MATEMA TIKA DENGAN PENDEKA TAN\r\nKONTEKSTUAL DALAM POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN\r\nLINIER DUA VARIABEL DI KELAS Vill SMP MUHAMrdAillYAH\r\nPAYAMAN MAGELANG (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #26047 \n\nPEMBELAJARAN MATEMA TIKA DENGAN PENDEKA TAN \nKONTEKSTUAL DALAM POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN \nLINIER DUA VARIABEL DI KELAS Vill SMP MUHAMrdAillYAH \nPAYAMAN MAGELANG\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Matematika" . .