<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "UPAYA PENGEMBANGAN PENDIDIKAN GENDER\r\nPADA ANAK USIA DINI DI TK ROUDLOTUL ATHFAL\r\nUIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . "QOMARUN, Upaya Pengembangan Pendidikan Gender Pada Anak\r\nUsia Dini di TK Roudlotul Athfal UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Skripsi.\r\nYogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan kalijaga, 2005.\r\nKonsep gender sangat melekat pada kaum laki-laki maupun perempuan\r\nyang dikonstruksi secara sosial maupun kultural. Misalnya, bahwa perempuan itu\r\ndikenal lemah lembut, cantik, emosional atau keibuan. Sementara laki-laki\r\ndianggap kuat, rasional, jantan dan perkasa. Ciri dari sifat itu sendiri merupakan\r\nsifat-sifat yang dapat dipertukarkan. Artinya ada laki-laki yang emosional, lemah\r\nlembut, keibuan. Di sisi lain ada juga perempuan yang kuat, rasional dan perkasa.\r\nSemua hal yang dapat dipertukarkan antara sifat perempuan dan laki-laki, yang\r\nbisa berubah dari waktu ke waktu serta berbeda dari tempat ke tempat lainnya\r\nmaupun berbeda dari suatu kelas ke kelas lainnya, itulah yang dikenal dengan\r\nkonsep gender. Pendidikan gender sejak usia dini diharapkan dapat membantu\r\nmengurangi bias gender bila dirancang dengan baik untuk menangani anak\r\nperempuan dan laki-laki secara adil. Pendidikan sejak dini ini mempunyai peran\r\npenting dalam mempersiapkan anak secara fisik dan intelektual untuk pendidikan\r\ndasar.\r\nProblematika yang muncul kemudian adalah perlu adanya metode yang\r\ntepat dan efektif dalam rangka transformasi nilai-nilai gender tersebut. Persoalan\r\nini muncul lantaran obyek yang dihadapi berada pada usia dini yang notabene\r\nmemiliki penalaran yang belum sempuma. Persoalan ini perlu dipandang melalui\r\npendekatan eksperimen. Diambil pendekatan ini karena penelitian dilakukan\r\ndengan memberikan \"tugas\" atau perbuatan percobaan pada anak.\r\nDalam proses pendidikan gender, banyak tujuan yang dapat dicapai,\r\ntetapi jika dirumuskan secara sederhana dapat disimpulkan bahwa siswa sebagai\r\npeserta didik dapat memahami semaksimal mungkin semua materi yang diajarkan,\r\nsekaligus menghayatinya sebagai sikap hidupnya, dan kemudian pengetahuan dan\r\nsikapnya itu menjadi bagian dari perilakunya. Dari basil pengamatan dan\r\npenelitian dapat disimpulkan bahwa di TK Roudlotul Athfal terdapat komponenkomponen\r\nproses pembelajaran yang terkandung konstruksi budaya gender\r\ndidalamnya. Hal ini sekaligus menjadi bagian dari tujuan yang hams dicapai siswa\r\ndalam proses pembelajaran yang diikutinya. Misalnya dalam materi pembelajaran\r\nyang tertuang dalam buku pelajaran telah memuat pendidikan gender. Dari satu\r\nkomponen pembelajaran ini sungguh sangat berpengaruh terhadap diri siswa\r\nsebagai bagian dari pengetahuanya. Selain sebagai pengetahuan, apa yang\r\ntertuang dalam komponen proses pembelajaran tersebut juga akan terinternalisasi\r\nmenjadi sikap dan perilaku siswa. Dengan demikian pendidikan gender yang\r\nsudah terintemalisasi akan termanifestasi pada perilaku siswa ketika berinteraksi\r\ndengan lingkungannya, baik sesama ternan, guru, situasi, kesukaan, pakaian,\r\npermainan dan lain sebagainya."^^ . "2005-08-24" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS TARBIYAH, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 00410077"^^ . "QOMARUN"^^ . "NIM. 00410077 QOMARUN"^^ . . . . . . "UPAYA PENGEMBANGAN PENDIDIKAN GENDER\r\nPADA ANAK USIA DINI DI TK ROUDLOTUL ATHFAL\r\nUIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "UPAYA PENGEMBANGAN PENDIDIKAN GENDER\r\nPADA ANAK USIA DINI DI TK ROUDLOTUL ATHFAL\r\nUIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . "UPAYA PENGEMBANGAN PENDIDIKAN GENDER\r\nPADA ANAK USIA DINI DI TK ROUDLOTUL ATHFAL\r\nUIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "UPAYA PENGEMBANGAN PENDIDIKAN GENDER\r\nPADA ANAK USIA DINI DI TK ROUDLOTUL ATHFAL\r\nUIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "UPAYA PENGEMBANGAN PENDIDIKAN GENDER\r\nPADA ANAK USIA DINI DI TK ROUDLOTUL ATHFAL\r\nUIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "UPAYA PENGEMBANGAN PENDIDIKAN GENDER\r\nPADA ANAK USIA DINI DI TK ROUDLOTUL ATHFAL\r\nUIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "UPAYA PENGEMBANGAN PENDIDIKAN GENDER\r\nPADA ANAK USIA DINI DI TK ROUDLOTUL ATHFAL\r\nUIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "UPAYA PENGEMBANGAN PENDIDIKAN GENDER\r\nPADA ANAK USIA DINI DI TK ROUDLOTUL ATHFAL\r\nUIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "UPAYA PENGEMBANGAN PENDIDIKAN GENDER\r\nPADA ANAK USIA DINI DI TK ROUDLOTUL ATHFAL\r\nUIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "UPAYA PENGEMBANGAN PENDIDIKAN GENDER\r\nPADA ANAK USIA DINI DI TK ROUDLOTUL ATHFAL\r\nUIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #26056 \n\nUPAYA PENGEMBANGAN PENDIDIKAN GENDER \nPADA ANAK USIA DINI DI TK ROUDLOTUL ATHFAL \nUIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .