%A NIM. 99454226 RINA HIDAYATI %O Warsono, M.Si %T HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN ALJABAR DAN PERSEPSI TERHADAP PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN PEMAHAMAN KONSEP GERAK DAN GAYA PADA SISWA KELAS I MAN 2 WATES KULONPROGO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2004/2005 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hubungan antara kemampuan aljabar dengan pemahaman konsep gerak dan gaya pada siswa kelas I MAN 2 Wates Kulonprogo Yogyakartajika persepsi terhadap pembelajaran fisika dikendalikan. 2) Hubungan antara persepsi terhadap pembelajaran fisika dengan pemahaman konsep gerak dan gaya pada siswa jika kemampuan aljabar siswa dikendalikan. 3) Hubungan antara kemampuan aljabar dan persepsi terhadap pembelajaran fisika dengan pemahaman konsep gerak dan gaya secara sendirisendiri maupun bersama-sama pada siswa. Penelitian dilaksanakan pada semester I Tahun Ajaran 2004/2005 di MAN 2 Wates. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas I semester I, pengambilan sampel dilakukan secara purposive sample sebanyak 144 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan tes berupa pilihan ganda untuk kemampuan aljabar dan angket untuk persepsi terhadap pembelajaran fisika siswa sedangkan untuk pemahaman konsep gerak dan gaya dengan tes berupa pilihan ganda dan essay. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi dan analisis regresi berganda. Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa: 1) Ada hubungan positif yang signi.fikan antara kemampuan aljabar dengan pemahaman konsep gerak dan gaya jika persepsi terhadap pembelajaran fisika dikendalikan, ini ditunjukkan oleh harga ry12 sebesar 0 211 pada P = 0,015 sehingga P < 5% serta memberikan sumbangan reJatif sebesm· 29,149% dan sumbangan efektif sebesar 3,698%. 2) Ada hubungan positif yang signifikan antara persepsi terhadap pembelajaran fisika dengan pemahaman konsep gerak dan gaya jika kemampuan aljabar dikendalikan, ini ditunjukkan oleh harga ry21 sebesar 0,311 pada P = 0,001 sehingga P < 5% serta memberikan sumbangan relatif sebesar 70,851% dan sumbangan efektif sebesar 8,988%. 3) Ada hubungan positif yang signifikan antara kemampuan aljabar dan persepsi terhadap pembelajaran fisika secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama dengan pemahaman konsep gerak dan gaya yang ditunjukkan oleh harga Fhit sebesar 9,299 pada taraf signifikansi 5% dengan d.b 2 dan 128 sebesar 3,07 sehingga Fhit > Ftab· %K Kemampuan aljabar, persepsi pembelajaran fisika, pemahaman konsep gerak dan gaya %D 2005 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib26068