@phdthesis{digilib26079, month = {March}, title = {POLA ASUH ORANG TUA DALAM MEMBINA RELIGIOSITAS ANAK (Studi Kasus di Dusun Ambarrukmo RT 07 Depok, Sleman, D.I. Yogyakarta)}, school = {UIN Sunan Kalijaga}, author = {NIM. 01410861 AmirMukmin}, year = {2006}, note = {1. Drs. H. Abd. Shomad, MA 2. Drs. Sabarudin, M.Si.}, keywords = {pola asuh, anak}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26079/}, abstract = {AMIR MUKMIN. Pola Asuh Orang Tua dalam Membina Religiositas Anak (Studi Kasus di Dusun Ambarrukmo RT 07 Depok, Sleman, D.I. Yogyakarta). Skripsi. Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2006. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tcntang penerapan pola asuh orang tua dalam membina religiositas anak di Dusun Ambarrukmo RT 07 Depok, Sleman, D.I.Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan pemahaman tentang penerapan pola asuh tersebut. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif, dengan lokasi Ambarrukmo RT 07 Dcpok, Slcman, D.l.Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian populasi terhadap keluarga beragama Islam yang mempunyai anak antara usia 7 - 12 tahun. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan (observasi) dan wawancara mendalam. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang telah dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Sedangkan pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi sumber, yaitu dengan membandingkan dan mengecek batik derajat kepercayaan suatu data (informasi) yang dipcrolch meblui sumber yang hcrhe(b Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kesadaran orang tua untuk mcnerapkan pola asuh yang baik dan tepat dalam membina religiositas (keberagamaan) anak ma:{\texttt{\char126}}ih ;cndah, tcrbukti dcng:m masih sediki1ny{\ensuremath{<}}l rmm{\texttt{\char126}} 1n;-t l;-tki-l{\texttt{\char126}}ki mflupun pcrempuan yang menerapkan pola asuh demokratis. padahal pola asuh demokratis terbukti sangat epektif dalam usaha pembinaan religiositas anak dibandingkan dengan pola asuh lainnya. Secara garis besar hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa hal, yaitu: intensitas/kesernpatan orang tua dalarn berinteraksi dengan anak minim. tingkat keberagamaan orang tua rendah serta keinginan yang kuat dari orang tua supaya anaknya benar-benar mengerti dan mengamalkan ajaran agama akan tetapi tidak didasari oleh pengetahuan dan pemahaman yang baik tentang cata mernbina keberagamaan anak dengan baik. (2) Anak yang dididik dengan pola asuh demokratis cenderung lebih baik religiusitasnya dan memiliki kesadaran yang tinggi dalam menjalankan kegiatan kcagamaan dari pada anak yang dididik dengan pola asuh permisif atau otoriter.} }