eprintid: 26082 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/02/60/82 datestamp: 2017-07-14 09:31:27 lastmod: 2017-07-14 09:31:27 status_changed: 2017-07-14 09:31:27 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ari Tristianto, NIM. 01420956 title: PENGAJARAN BAHASA ARAB (READING SKILL) DI ISLAMIC LAB SCHOOL PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: bahasa Arab, pengajaran note: 1. Dr. HA. Janan Asyifudin, MA 2. Drs. Dudung Hamdun, M.Si. abstract: ARI TRISTIANTO. Pengajaran Bahasa Arab (Reading Skill) Di Islamic Lab School Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2006. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana metode pengajaran bahasa arab khususnya membaca (reading skill) di Islamic Lab School Y ogyakarta. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas I sampai dengan kelas VI yang berjumlah 58 siswa. Karena kurang dari 100 siswa maka penulis tidak menggunakan sample dan seluruh siswa penulis jadikan populasi atau obyek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan meng~:,>unakan metode observasi. interview, dokumentasi dan angket. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan mengembangkan cara berfikir induktif dan deduktif Hasil dari penelitian ini antara lain peng~jaran bahasa arab diajarkan dari kelas J sampai kelas VI berdasarkan kurikulum yang dipadukan antara kurikulum Depag dan pesantren. Sedangkan metode yang digunakan guru bahasa arab di Islamic Lab School adalah: pertama metode tarkibiyah yang diterapkan pada kelas I dan II, dalam metode ini guru mengajar bahasa arab dengan dua cara (I ) abjadiyah (2) shutiyah. Kedua metode tahliliyah yang diterapkan pada kelas I11 dan IV. Dalam metode ini guru mengajarkan bahasa arab dengan dua cara (I) suku kata (2) Jumlah. Ketiga adalah metode taulifiyah yang diterapkan pada kelas V dan VI. Dalam hal ini guru mengajarkan bahasa arab dengan menggabungkan antara metode tarkibiyah dan tahliliyah. Selain kajian metode yang merupakan main point dalam penehtian ini peneliti juga melengkapi analisis datanya dengan berbagai hal terkait dengan proses pengajaran bahasa arab seperti, kompetensi guru bahasa arab, keadaan siswa, materi pelajaran, lingkungan pendidikan dan problematikan pengajaran yang ada di Islamic Lab School Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta. date: 2006-09-11 date_type: published pages: 160 institution: UIN Sunan Kalijaga department: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Ari Tristianto, NIM. 01420956 (2006) PENGAJARAN BAHASA ARAB (READING SKILL) DI ISLAMIC LAB SCHOOL PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26082/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26082/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf