%A NIM. 99434311 SITI KHALIMAH %O Drs. H. Sedya Santosa,SS., M.Pd. %T PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PEMANFAATAN WAKTU LUANG TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SMP MUHAMMADIYAH 9 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2004/2005 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari kemandirian belajar dan pemanfaatan waktu luang, baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas II SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta tahun pelajaran 2004/2005. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SMP Muhammadiyah 9 Y ogyakarta tahun pelajaran 2004/2005 sejwnlah 99 siswa. T eknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan 2 instrumen yaitu metode angket dan tes. Analisis data yang diguriakan adalah analisis deskriptif, korelasi, regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Ada pengaruh dari kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika, dengan koefesien korelasi sebesar 0,370 dan persamaan regresi yang diperoleh Y= 5,587371 + 0,121423X1. 2. Ada pengaruh dari pemanfaatan waktu luang terhadap prestasi belajar matematika, dengan koefesien korelasi sebesar 0,341 dan persamaan regresi yang diperoleh i= 4,739710 + 0,136989X2. 3. Ada pengaruh dari kemandirian belajar dan pemanfaatan waktu luang terhadap prestasi belajar matematika, dengan koefesien korelasi sebesar 0,479 dan persamaan regresi yang diperoleh Y= -6.002332 + 0,110774X1 + 0,122556X2 . 4. Besarnya pengaruh sumbangan relatif dari variabel X1 = 54.573% dan variabel ~ = 45,427%. Sedangkan sumbangan efektif dari variabel X1= 12,512%. dan variabel ~= 10,415%. Vlll %K belajar mandiri, pengaruh anak, daya serap anak %D 2005 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib26096