%0 Journal Article %A Sri Rohyanti Zulaikha, S. Ag., SIP., M. Si., - %D 2006 %F digilib:261 %I Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %J Fihris volume I Nomer 2 (Juli-Desember 2006) %K teacher-librarian, perpustakaan, pusat pembelajaran %T MENGUSUNG KEMBALI PERAN TEACHER-LIBRARIAN DAN PEMBERDAYAAN PERPUSTAKAAN MADRASAH %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/261/ %X Artikel ringkas ini memaparkan tentang peran teacher lbrarianship sebagai central figur dalam pemberdayaan perpustakaan madrasah. Dalam rangka meningkatkan peran perpustakaan sebagai pusat pembelajaran, maka peran teach er-librarian merupakan implementasi dan perwujudan kolaborasi dari perpustakaan dengan sistem pembelajaran. Peran teacher-librarian menjadi central dalam kesuksesan tujuan pembelajaran di madrasah/madrasah. Walaupun konsep teacher librarian ini masih sangat baru di Indonesia, karena sistemadministrasi yang tidak bisa mengakomodir peran serta teacher-librarian ini. Tetapi jelas bahwa kunci kesuksesan pemberdayaan perpustakaan sangatlah tergantung oleh peran teacher librarian ini. Karena teacher-librarian menjadi"advokad"dalam system pembelajaran di madrasah, maka perlu ditingkatkan kompetensinya dan perlu juga program dalam mensosialisasikan bahwa peran teacher-librarian menjadi salah satu kunci dalam pemberdayaan perpustakaan. Artikel ini mencoba memberikan gambaran betapa penting dan strategis peran dari teacher librarian ini.