<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "REKONSTRUKSI PARADIGMA PEMIKIRAN\r\nPENDIDIKAN ISLAM (Upaya Menuju Pendidikan Islam Sensitif Problem Sosial)"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui beberapa persoalan yang dihadapi\r\npendidikan Islam, serta memberikan penawaran paradigma pendidikan Islam yang\r\nsensitif problem sosial, dengan harapan pendidikan Islam selalu kontekstual dengan\r\nperubahan zaman serta mampu memberikan penawaran pemikiran terhadap\r\npersoalan yang dihadapi masyarakat.\r\nJenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library reseach), karena\r\npenelitian ini berangkat dari telaah kepustakaan, berupa buku, artikel, jurnal ilmiah\r\ndan lain sebagainya. Penelitian ini merupakan studi pernikiran dan gagasan tokoh.\r\nSifat penelitiannya adalah diskriptif anal isis, menggunakan pendekatan filosofis dan\r\nsosiologis. Pendekatan filosofis dipergunakan karena rekonstruksi paradigma\r\npemikiran. pendidikan Islam berada dalam lingkup konsep pendidikan Islam dalam\r\narti pondasional. Pendekatan sosiologis dimaksudkan untuk mengkaji hubungan\r\npendidikan Islam dengan problem masyarakat.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Problem sosial dan realitas dunia\r\npendidikan. a). Problem sosial berupa: masalah. ekonomi, kebudayaan, dan politik.\r\nb). Konsep dasar pendidikan dalam rangka perubahan sosial terdiri dari: tuntutan\r\nmasyarakat terhadap pendidikan, dan nilai-nilai sosial dalam ajaran Islam. c). Peran\r\nmasyarakat terhadap pendidikan dapat diperhatikan dari hubungan masyarakat\r\ndengan pendidikan, dan beberapa peranan masyarakat terhadap pendidikan. d).\r\nSekolah sebagai lembaga sosial, perlu dikaji dari keberadaan sekolah kontemporer,\r\nkemudian tugas-tugas sekolah sebagai lembaga sosial. 2. Problem pendidikan Islam\r\ndalam upaya menuju pendidikan sensitif problem sosial, diantaranya: a). Dikotomi\r\npendidikan Islam. Akan dibahas faktor-faktor penyebab dikotomi pendidikan Islam,\r\ndampak negatif dikotomi pendidikan Islam, dan upaya mengatasi dikotomi\r\npendidikan Islam. b). Tujuan pendidikan Islam. Didalarnnya ada dua pokok bahasan:\r\nsekitar persoalan tujuan pendidikan Islam, dan menata tujuan pendidikan Islam. c).\r\nPersoalan kurikulum atau materi pendidikan Islam, yaitu: kurikulum pendidikan\r\nIslam dalam arti produk dan beberapa titik lemahnya, mengembangkan kurikulum\r\npendidikan Islam, dan perubahan kurikulum. 3. Rekonstruksi paradigma pendidikan\r\nIslam. Bah ini perlu dibahas dari: a). Aliran-aliran filsafat dalam pendidikan:\r\nprogresivisme, esensialisme, perenialisme, dan rekonstruksionisme. b). Pendidikan\r\nIslam dalam prespektif filosofis, fitrah manusia sebagai potensi dasar manusia, dan\r\nperbedaan filsafat pendidikan Islam dengan aliran-aliran filsafat pendidikan Barat. 4.\r\nTawaran paradigmatik sebagai upaya menuju pendidikan Islam sensitif problem\r\nsosial, diantaranya: a). Paradigma profetik; ada tiga konsep, yaitu humanisasi,\r\nliberasi dan transendental. b). Gagasan paradigma yang ditawarkan Djohar, Hujair\r\nAH. Sanaky, dan paradigma baru yang ditawarkan Azyumardi Azra."^^ . "2005-10-20" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS TARBIYAH, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 00470009"^^ . "WARDI"^^ . "NIM. 00470009 WARDI"^^ . . . . . . "REKONSTRUKSI PARADIGMA PEMIKIRAN\r\nPENDIDIKAN ISLAM (Upaya Menuju Pendidikan Islam Sensitif Problem Sosial) (Text)"^^ . . . "BAB I, V, DP.pdf"^^ . . . "REKONSTRUKSI PARADIGMA PEMIKIRAN\r\nPENDIDIKAN ISLAM (Upaya Menuju Pendidikan Islam Sensitif Problem Sosial) (Text)"^^ . . . "REKONSTRUKSI PARADIGMA PEMIKIRAN\r\nPENDIDIKAN ISLAM (Upaya Menuju Pendidikan Islam Sensitif Problem Sosial) (Other)"^^ . . . . . . "REKONSTRUKSI PARADIGMA PEMIKIRAN\r\nPENDIDIKAN ISLAM (Upaya Menuju Pendidikan Islam Sensitif Problem Sosial) (Other)"^^ . . . . . . "REKONSTRUKSI PARADIGMA PEMIKIRAN\r\nPENDIDIKAN ISLAM (Upaya Menuju Pendidikan Islam Sensitif Problem Sosial) (Other)"^^ . . . . . . "REKONSTRUKSI PARADIGMA PEMIKIRAN\r\nPENDIDIKAN ISLAM (Upaya Menuju Pendidikan Islam Sensitif Problem Sosial) (Other)"^^ . . . . . . "REKONSTRUKSI PARADIGMA PEMIKIRAN\r\nPENDIDIKAN ISLAM (Upaya Menuju Pendidikan Islam Sensitif Problem Sosial) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "REKONSTRUKSI PARADIGMA PEMIKIRAN\r\nPENDIDIKAN ISLAM (Upaya Menuju Pendidikan Islam Sensitif Problem Sosial) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "REKONSTRUKSI PARADIGMA PEMIKIRAN\r\nPENDIDIKAN ISLAM (Upaya Menuju Pendidikan Islam Sensitif Problem Sosial) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "REKONSTRUKSI PARADIGMA PEMIKIRAN\r\nPENDIDIKAN ISLAM (Upaya Menuju Pendidikan Islam Sensitif Problem Sosial) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #26101 \n\nREKONSTRUKSI PARADIGMA PEMIKIRAN \nPENDIDIKAN ISLAM (Upaya Menuju Pendidikan Islam Sensitif Problem Sosial)\n\n" . "text/html" . . . "Kependidikan Islam"@id . .