eprintid: 26109 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/02/61/09 datestamp: 2017-07-10 08:07:57 lastmod: 2017-07-14 02:09:54 status_changed: 2017-07-10 08:07:57 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: YUYUN ULFATUN NISA', NIM.01410633 title: EFEKTMTAS PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) SEBAGAI SUPLEMEN BUKU AJAR DALAM UPA Y A MENINGKA TKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAl) SISWA KELAS VI DI MIM SURODADI I MAGELANG ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: lks, suplemen buku, pengajaran metode lks note: Prof. Drs. anas Sudijono abstract: YUYUN ULF A TUN NISA', Efektivitas Penggunaan Lembar Kerja Siswa Sebagai Suplemen Buku Ajar Dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam (P AI) Siswa Kelas VI Di M1M Surodadi I Magelang. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2006. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan LKS sebagai suplemen buku ajar yang berkaitan dengan upaya meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VI di MIM Surodadi I Magelang. Populasi penelitian inj adalah siswa MIM Surodaru l Magelang tahun pelajaran 2005/2006, Kepala Sekolah dan Guru Bidang Sturu Penrudikan Agama Islam. Pengambilan sampel untuk siswa dilakukan dengan cara memilih sekelompok subyek berdasarkan ciri-ciri atau sifat-sifat tetentu yang dipandang mempunyai sangkut paut erat dengan ciri dan sifat populasi sebelumnya untuk tujuan tertentu (purposive sampling), dan sampel yang diambil adalah siswa kelas VI sebanyak 22 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisjs data me1iputi ana}jsis persentase untuk mengetahui persentase jawaban quesioner siswa dan analisis aritmatic mean untuk mengetahui nllai basil ulangan dalam LKS pada bidang studi Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian menunjukkan 1) Efektivitas Penggunaan LKS dalam menarik mjnat siswa belajar dalam setiap mata pelajaran belumlah maksimal, siswa belum konsisten dalam menggunakan LKS, mereka sangat tertarik (81 ,82%) dan senang (90,9%) belajar menggunakan LKS akan tetapi dalam mengerjakan soal-soal LKS hanya kadang-kadang saja. Hal ini sesuai dengan basil angket sebesar 63,64%. 2) Efektivitas penggunaan LKS dalam memudahkan belajar siswa sudah maksimal, kenyataan ini didukung dengan jawaban quesioner yang menunjukkan 81,82% siswa menyatakan LKS memudahkan siswa dalam belajar. 3) Penggunaan LKS dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa sudah efek:tif, hal ini berdasarkan pada perolehan perhitungan aritmatic mean yang mengalarni kenaikan dari waktu kewaktu. Penggunaan LKS dalarn upaya meningkatkan prestasi belajar siswa sudah efektif, pada bidang sturu Alqur'an Haruts naik 22,8 % yaitu dari nilai Mx = 6,18menjaru Mx 7,59, dalam bidang sturu Aqidah kenaikannya sebesar 25,4 %, dari njlai Mx = 6,45 menjadi Mx 8,09. Bidang studi Fiqih juga ada kenaikan sebanyak 10,7 % dari nilai Mx = 6,72 menjadi Mx = 7,45. Akan tetapi khusus pada bidang sturu Sejarah Kebudayaan Islam nilai evaluasi siswa mengalami penurunan 2,5% dari Mx = 7,27 menjaru Mx = 7,09 hal ini menunjukan bahwa LKS kurang maksimal. LKS menlllYukkan kembali nilai evektifitasnya pada bidang sturu Bahasa Arab. Ini rutunjukkan dengan naiknya nilai evaluasi siswa sebesar 15,9 % dari Mx = 6,04 menjaru Mx = 7,0. date: 2006-11-14 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS TARBIYAH thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: YUYUN ULFATUN NISA', NIM.01410633 (2006) EFEKTMTAS PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) SEBAGAI SUPLEMEN BUKU AJAR DALAM UPA Y A MENINGKA TKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAl) SISWA KELAS VI DI MIM SURODADI I MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26109/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DP.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26109/2/BAB%20II%2C%20III.pdf