@phdthesis{digilib26111, month = {July}, title = {NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM TRILOGI PUISI KARYA EMHA AINUN NAJIB}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 01410705 ZAKI IMANUDDIN}, year = {2006}, note = {Drs. Usman, SS, M.Ag}, keywords = {trilogi pendidikan, puisi, pendidikan}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26111/}, abstract = {ZAKI IMANUDDIN. Nilai Pendidikan Islam dalam Trilogi Puisi karya Emha Ainun Nadjib. Skripsi. Y ogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2006. Penelitian ini bertujuan menginterpretasikan, mendeskripsikan, serta menganalisis secara kritis tentang kandungan nilai Pendidikan Islam {\ensuremath{<}}lalam buku Trilogi Puisi karya. Emha Ainun Nadjib. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah daya apresiatif da.Jam menangkap gagasan atau pesan pendidikan Islam dalam sebuah karya puisi. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research) dengan mengambil 1atar syair/teks puisi karya Emha Ainun Nadjib. Pengumpulan data dilakukan dengan tcknik dokurnentasi dari berbagai Jiteratur yang ada. Metode Analisis Data yang ditempuh adalah analisis isi yaitu dengan menjelaskan arti atau maksud dari dokumen yang diteliti kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (l) Syair-syair dalam Trilogi Puisi sarat dcngan kaudungan niJai Pendidikan Islam yang meliputi aspek pendidikan aqidah, syariah, dan akhlak. Syair-syair tersebut merupakan refleksi pengalaman beragama Emha Ainun Nadjib dan interaksi kehidupan sosialnya Kandungan syaimya mencoba membangkitkan semangat manusia untuk menyambungkan dirnensi sosial dengan dimensi transendental. (2) Fonnat Pendidikan Islam yang disimpuJkan dari kandungan Trilogi Puisi karj'a Emha Ainun Nadjib meliputi: 1) Konsep Tujuan Pendidikan Islam, yaitu menstimulan perubahan individu dan sosial sehingga dapat dibentuk pribadi yang memiliki keshalihan, kecerdasan, dan moralitas sosial. 2) Konsep Kurikulum, yaitu berintikan pada nilai ideal yang absolut yaitu ketuhanan (tauhid). 3) Konsep Metode Pembelajarnn, yaitu melalui metodeproblem .wiving dan metode inqury yang pada intinya membimbing dan melatih pembaca untuk belajar dan melatih diri dalam memecahkan persoalan yang dihadapi sehingga da1am dirinya tumbuh sikap obyek.1if, jujur, dan terbuka dalam mencermati dan mencari solusinya} }