@phdthesis{digilib26112, month = {September}, title = {PENDIDIKAN AL-QUR'AN MELALUI METODE AL-QIRA'AH AL-MUYASSARAH DI TPQ PLUS ALI MAKSUM YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 01410587 ZEN FAOZl}, year = {2006}, note = {R Umi Baroroh, M.Ag}, keywords = {al-qur'an, pembelajaran, metode pembelajaran}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26112/}, abstract = {ZEN FAOZI. Pendidikan al-Qur'an Melalui Metode al-Qirli'ah alMuyassarah di 1PQ Plus Ali Makswn Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: FakuJtas Tarbiyah UIN Sunan KaJijaga, 2006. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar TPQ Plus Ali Maksum Y ogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendaJam, dan dokwnentasi. Teknik trianguJasi yang digunakan adalah dengan memanfaatkan sumber, yaitu membandingkan dan mengecek batik derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh melalui waktu dan alat yang berbeda dalam penelitian kualitatif Metode ai--Qirii'ah al-Muyassarah menarik untuk diteliti sebab metode ini memiliki kekhasan tersendiri jika dibandingkan dengan metode lainnya Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisa secara kritis tentang penerapan dan hasil yang diperoleh dari penerapan metode al-Qirli'ah aiMuyassarah di TPQ Plus Ali Makswn Yogyakarta, beserta keJebihan dan kekurangannya. Basil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan penerapan metode al-Qirli'ah al-Muyassarah dalam pendidikan al-Qur'an. Hasii penelitian ini menunjukkan: ( 1) Metode a/-Qirii'ah al-Muyassarah merupakan salah satu metode belajar membaca al-Quran yang terdiri dari 4 jilid yang disusun oleh Tim Penyusun Buku-buku Keagamaan Madrasah Diniyah Plus Ali Maksum yang diketuai oleh Bapak Drs. Habib Syakur, M A Metode ini mempunyai ciri khas yaitu peserta didik Jangsung diajari huruf yang bersambung, dengan alasan bahwa kelak peserta didik tidak akan menjwnpai huruf-huruf yang tidak bersambung di dalam al-Qur'an. (2) Buku al-Qirli'ah al-Muyassarah terbukti mampu mengantarkan peserta didik untuk bisa membaca al-Qur'an secara baik. dan benar, dan bahkan buku ini pernah diujicobakan kepada peserta didik daJam waktu 10 jam dengan 20 kali pertemuan, peserta didik mampu membaca aJ-Quran dengan baik dan benar. (3) Penggunaan metode al-Qira'ah ai-Muyassarah memlliki kelebihan dan kekurangan sekaligus. Kelebihan Metode al-Qirli'ah aiMuyassarah adalah bersifat praktis dan buku ini hanya ada empat jilid sehingga mempercepat peserta didik dalam belajar membaca aJ-Quran, metode ini bersifat dinamis, artinya ia bisa digunakan oleh siapa saja tanpa mengenal batas usia., materi yang disajikan dalam buku al-Qirli'ah ai-Muya{\texttt{\char126}}?sarah sudah mencakup ilmu Tajwid praktis, semua materi disajikan dari yang paling mudah menuju yang paling sulit. Sedangkan kekurangan metode al-Qira'ah al-Muya..{\texttt{\char126}}sarah adalah bag) kalangan tertentu metode ini dirasa menyulitkan karena peserta didik merasa kaget dengan langsung dikenalkannya pada huruf-huruf yang bersambung, kemasannya kurang menarik, terutama dalam penampilan warna sampul buku, metode yang digunakan terlalu monoton karena hanya menggunakan metode sorogan, sehingga terkadang menjenuhkan peserta didik.} }