@phdthesis{digilib2614, month = {June}, title = {PENDEKATAN KECERDASAN EMOSIONAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS X (SEPULUH) MADRASAH ALIYAH AL-ANWAR PACUL GOWANG JOMBANG JAWA TIMUR}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = { ADANG SEPTI LIBRIANTO NIM. 02421433}, year = {2009}, note = {Pembimbing : Drs. Adzfar Ammar, MA.}, keywords = {Pendekatan, Kecerdasan, Emosional, Pembelajaran, Bahasa Arab}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2614/}, abstract = { ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pendekatan kecerdasan emosional dalam pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah al- Anwar Pacul Gowang Jombang serta untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat dalam pelaksanaan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan psikologis. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X (sepuluh) MA al-Anwar Pacul Gowang yang berjumlah 148 siswa yang terbagi dalam tiga kelas paralel sedang untuk setting penelitian dipilih kelas Xa yang berjumlah 50 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, interwiew, dokumentasi dan angket. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik sebuah kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab di MA al-Anwar Pacul Gowang telah mencerminkan penerapan pendekatan kecerdasan emosional. Bentuk pelaksanaanya yaitu (1) Pengelolaan kelas yang meliputi menanamkan rasa optimisme dan memotivasi siswa, memberikan penghargaan dan hukuman, menghadirkan suasana rileks, menangani gangguan yang terjadi di kelas. (2) kegiatan pengajaran yang meliputi menarik perhatian dan minat siswa dan melibatkan siswa secara aktif. Faktor-faktor yang mendukung dalam pelaksanaan ini adalah adanya pelajaran-pelajaran kitab yang berbahasa Arab dan tempat tinggal siswa yang hampir 50\% tinggal di pesantren, sedang faktor penghambatnya diantaranya kurangnya alokasi waktu, jumlah siswa yang terlalu banyak dan kurangnya fariasi guru dalam mengajar. } }