eprintid: 2614 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/26/14 datestamp: 2012-08-09 14:50:24 lastmod: 2017-04-03 02:03:28 status_changed: 2012-05-04 16:42:57 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ADANG SEPTI LIBRIANTO NIM. 02421433, title: PENDEKATAN KECERDASAN EMOSIONAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS X (SEPULUH) MADRASAH ALIYAH AL-ANWAR PACUL GOWANG JOMBANG JAWA TIMUR ispublished: pub subjects: B divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Pendekatan, Kecerdasan, Emosional, Pembelajaran, Bahasa Arab note: Pembimbing : Drs. Adzfar Ammar, MA. abstract: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pendekatan kecerdasan emosional dalam pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah al- Anwar Pacul Gowang Jombang serta untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat dalam pelaksanaan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan psikologis. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X (sepuluh) MA al-Anwar Pacul Gowang yang berjumlah 148 siswa yang terbagi dalam tiga kelas paralel sedang untuk setting penelitian dipilih kelas Xa yang berjumlah 50 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, interwiew, dokumentasi dan angket. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik sebuah kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab di MA al-Anwar Pacul Gowang telah mencerminkan penerapan pendekatan kecerdasan emosional. Bentuk pelaksanaanya yaitu (1) Pengelolaan kelas yang meliputi menanamkan rasa optimisme dan memotivasi siswa, memberikan penghargaan dan hukuman, menghadirkan suasana rileks, menangani gangguan yang terjadi di kelas. (2) kegiatan pengajaran yang meliputi menarik perhatian dan minat siswa dan melibatkan siswa secara aktif. Faktor-faktor yang mendukung dalam pelaksanaan ini adalah adanya pelajaran-pelajaran kitab yang berbahasa Arab dan tempat tinggal siswa yang hampir 50% tinggal di pesantren, sedang faktor penghambatnya diantaranya kurangnya alokasi waktu, jumlah siswa yang terlalu banyak dan kurangnya fariasi guru dalam mengajar. date: 2009-06-11 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2009-06-11 13:03:40 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--asnafitria-2315-1-adangse-r.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/47/digilib-uinsuka--asnafitria-2315-1-adangse-r.pdf ; url download server lama : /download.php?id=2701 ; nama file lama : ADANG SEPTI LIBRIANTO 02421433 PENDEKATAN KECERDASAN EMOSIONAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS X (SEPULUH) MADRASAH ALIYAH AL-ANWAR PACUL GOWANG JOMBANG JAWA TIMUR.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 4388884 Kb. penulis : ; Copyright 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: ADANG SEPTI LIBRIANTO NIM. 02421433, (2009) PENDEKATAN KECERDASAN EMOSIONAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS X (SEPULUH) MADRASAH ALIYAH AL-ANWAR PACUL GOWANG JOMBANG JAWA TIMUR. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2614/1/BAB%20I%2CV.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2614/2/BAB%20II%2CIII%2CIV.pdf