%A NIM. 0141 0845 KHOIRUL ANAM %O Prof. Dr. H. M. S. Projodikoro, %T PENERAPAN METODE PEMBIASAAN PADA LINGKUNGAN KELUARGA DALAM MENDIDIK KEAGAMAAN ANAK USIA 6-12 TAHUN DI DUKUH NGARAN MLESE CEPER KLATEN %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang proses penerapan metode pembiasaan pada lingkungan keluarga dalam mendidik religiositas anak di Dukuh Ngaran, ditinjau dari metode pembiasaan dan basil yang dicapai serta faktor-faktor pendukung dan penghambat yang dialami selama ini. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat memberikan sumbangan saran dan pemikiran dari proses penerapan metode pembiasaan pada lingkungan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang mengambil lokasi di Dukuh Ngaran, Mlese, Ceper, Klaten. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Sedangkan pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi yaitu dengan menggunakan metode ganda, yakni dengan observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan: I) Penerapan metode pembiasaan pada lingkungan keluarga dalam mendidik religiositas anak usia 6- 12 tahun dilaksanakan dengan cara memberikan dorongan dan nasehat serta dibutuhkan pula hukuman dan hadiah sebagai sarana penunjang keberhasilan proses p-.:111 biasaau. 2) P..:muiasaau yaug Jilaksauak.u Ji Duk.uh Ngar au 111dipuli; supau santun terhadap orang tua, sholat betjamaah, do 'a sehari-hari dan kebiasaan membaca AI- Qur'an. Dan basil yang ingin dicapai adalah agar anak menjadi orang yang berguna bagi nusa dan bangsanya disertai dengan akhlak yang mulia. 3) Faktor pendukung yang dialami adalah: adanya TPA Ar-Ridlwan sebagai sarana pendukung anak dalam memahami agama, perhatian orang tua serta lingkungan yang mendukung proses pembiasaan tersebut. Sedangkan faktor penghambat yang dialami adalah: acara televisi yang yang kian menarik anak kecil, kesibukan orang tua dan faktor lingkungan baik ternan ataupun lingkungan sekitar yang bisa berpengaruh pertumbuhan anak . %K Pendidikan Lingkungan Keluarga, Mendidik Religiositas Anak Usia 6-12 Tahun. %D 2006 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib26151