%0 Thesis %9 Skripsi %A Endah Nurjanah NIM 05410119, %B Fakultas Tarbiyah/ %D 2009 %F digilib:2616 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K Penerapan, Multimedia, Pembelajaran, Materi, Haji, Umrah, Minat, Prestasi, Belajar %T PENERAPAN SISTEM MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN MATERI HAJI DAN UMRAH GUNA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IX SEMESTER I TAHUN AJARAN 2008/2009 DI SMP NEGERI 2 SANDEN BANTUL YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2616/ %X ABSTRAK Salah satu cara untuk meningkatkan minat belajar adalah dengan menyediakan media pembelajaran yang menarik. Sistem Multimedia adalah tawaran untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IX di SMP Negeri 2 Sanden, khususnya dalam pelajaran Agama Islam materi Haji dan Umrah. Maka, tujuan penelitian ini untuk: (1) mengetahui deskripsi penerapan sistem multimedia dalam pembelajaran materi Haji dan Umrah, (2) menguji perbedaan tingkat minat belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol (3) menguji perbedaan hasil belajar materi Haji dan Umrah antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen yang menerapkan sistem multimedia dalam pembelajaran materi Haji dan Umrah di kelas IX semester I Tahun Ajaran 2008-2009 di SMP Negeri 2 Sanden Bantul. Jumlah siswa kelas IX ada 230 siswa terbagi dalam 6 rombongan kelas. Teknik pengambilan sampel adalah Cluster Random Sampling dengan mengambil 2 kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas IX A sebanyak 40 siswa sebagai kelompok eksperimen (dengan menerapkan sIstem multimedia) dan kelas IX B sebanyak 40 siswa sebagai kelompok kontrol (tanpa sistem multimedia). Metode pengumpulan data dilakukan melalui angket, tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis statistik dengan bantuan program SPSS 16.0. Pada uji instrument menggunakan uji validitas dengan Korelasi Product Moment Karl Pearson dan uji reliabilitas dengan rumus Spearman-Brown. Persyaratan uji normalitas data dengan Kolmogorov Smirnov dan uji homogenitas dengan rumus uji F. Analisis datanya adalah uji t dengan rumus Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan sistem multimedia dalam pembelajaran materi Haji dan Umrah dapat dilaksanakan dengan baik, (2) terdapat perbedaan skor rata-rata minat belajar kelompok kontrol dan kelompok eksperimen setelah dilakukan uji t. Didapatkan t hitung sebesar 6,433 lebih besar dari t tabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 1,665. Kesimpulannya to tt yaitu 6,433 1,665 yang berarti terdapat perbedaan minat belajar yang signifikan, dan (3) terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa kelompok kontrol dan kelompok eksperimen setelah dilakukan uji t. Didapatkan t hitung sebesar 2,451 lebih besar dari t tabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 1,665. Kesimpulannya to tt yaitu 2,451 1,665 yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan. Hal ini berarti penerapan sistem multimedia dalam pembelajaran materi Haji dan Umrah membantu siswa dalam meningkatkan minat belajar sekaligus hasil belajar siswa kelas IX semester I Tahun Ajaran 2008-2009 di SMP Negeri 2 Sanden Bantul Yogyakarta. %Z Pembimbing : Drs. Rofik, M.Ag.