relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26167/ title: ANALISIS MANAJEMEN PELAYANAN DI SEKSI PENYELENGGARA HAJI DAN UMROH (PHU) KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN PURWOREJO DALAM PENYELENGGARAAN IBADAH HAJI TAHUN 2016 creator: DINAL A’LAA SHOFI ZAHRO, NIM. 13240036 subject: Manajemen Dakwah description: Dinal A’laa Shofi Z. Analisis Manajemen Pelayanan Di Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo dalam Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 2016. Skripsi. Jurusan Manajemen Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Latarbelakang penelitian ini berawal dari ketertarikan peneliti terhadap pelayanan penyelenggaraan ibadah haji yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Kabupaten Purworejo. Teori yang diambil peneliti, Manajemen pelayanan adalah suatu proses penerapan ilmu dan seni untuk menyusun rencana, mengimplementasikan rencana, mengkoordinasikan dan menyelesaikan aktivitasaktivitas pelayanan demi tercapainya tujuan-tujuan pelayanan menurut Ratminto. Manajemen penyelenggaraan ibadah haji di Kementerian Agama Kabupaten Purworejo salah satu penelitian yang bertujuan untuk menganalisis dan mendiskripsikan proses manajemen penyelenggaraan ibadah haji di Kementerian Agama Kabupaten Purworejo tahun 2016. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subyek penelitian ini adalah dengan menggunakan penelitian manajemen. metode pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Metode analisis data yaitu metode deskripstif yang diuji keabsahan datanya dengan metode dan interpretasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen penyelenggaraan ibadah haji di Kementerian Agama Kabupaten Purworejo terkait dengan pembinaan, pelayanan, dan perlindungan calon jamaah haji diterapkan dalam 5 aktifitas manajemen pelayanan yakni menetapkan sasaran dalam rangka pencapaian tujuan organisasi, menetapkan cara yang tepat, melaksanakan pekerjaan dan menyelesaikan masalah, mengendalikan kegiatan atau proses pelayanan, mengevaluasi pelaksanaan tugas atau pekerjaan. Pengawasan yang dilakukan guna mengetahui hasil dan mengadakan perbaikan kinerja terhadap pelayanan haji yakni dengan monitoring selama kegiatan terkait pelayanan, pembinaan, dan perlindungan calon jamaah haji. Deskripsi manajemen penyelenggaraan ibadah haji di Kementerian Agama Kabupaten Purworejo meliputi: bimbingan berupa penyampaian informasi sosialisasi pelaksanaan haji melalui KBIH, pelayanan pendaftaran haji reguler, perlindungan terhadap calon jamaah haji. date: 2017-05-30 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26167/2/13240036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26167/1/13240036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: DINAL A’LAA SHOFI ZAHRO, NIM. 13240036 (2017) ANALISIS MANAJEMEN PELAYANAN DI SEKSI PENYELENGGARA HAJI DAN UMROH (PHU) KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN PURWOREJO DALAM PENYELENGGARAAN IBADAH HAJI TAHUN 2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.