%0 Thesis %9 Skripsi %A LIANA, NIM. 02411044 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2006 %F digilib:26174 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Penerapan Metode Permainan, Pengembangan Sosial Anak, Taman Kanak-Kanak %P 108 %T PENERAPAN METODE PERMAINAN DALAM PENGEMBANGAN SOSIAL ANAK PADA TKI AR-RAHMAH PAPRINGAN YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26174/ %X Penelitian ini bertujuan w1tuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang penerapan metode permainan dalam pengembangan sosial anak pada Taman kanak-Kanak Islam Ar-Rahmah. Yaitu dilihat darijenis metode pennainan yang diterapkan untuk anak, media dan alat permainannya, peran guru dan orang tua dalam memilih metode pennainan yang sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan bentuk sosial anak terhadap individu, keluarga dan masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif,dengan mengambil Jatar Taman Kanak-kanak Islam Ar-Rahmah Papringan Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan,wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berbasil dikwnpulkan melalui pengamatan Jangsung perserta didik, wawancara dengan guru dan orang tua, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan l) Jenis metode pennainan yang diberikan oleh guru dan orang tua dapat digolongkan dalam dua jenis yaitu pennainan aktif dan pennainan pasif dan hal itu dapat didukwtg dengan media dan sarana pennainan yang menunjang.2) Peran guru dan orang tua sangat penting sekali dalam mengembangkan sikap sosial anak. Misalnya memberikan metode pennainan yang sesuai untuk anak, memberikan teladan dan contoh yng baik untuk anak 3) Metode pennainan yang diberikan oleh guru dan orang tua bisa berpengaruh positif bagi anak misalnya: kerjasama, simpati, empati, tidak mementingkan diri:lya, pemaat: menghargai orang lain dan lain-lain. Berpengaruh negatif misalnya: egosentrisme, bertengkar, persaingan, som bong dan lain-lain. 4 ). Metode pennainan yang diberikan guru dan orang tua sangat berpengaruh pada kepribadian individu anak, keluarga maupun masyarakat. %Z Drs. Sarjono, M.Si,