TY - THES N1 - Dra. Nurmahni, M.Ag. ID - digilib26191 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26191/ A1 - NUR LAILA SYARIFAH, NIM. 13240092 Y1 - 2017/05/30/ N2 - Nur Laila Syarifah (13240092), Manajemen Pelayanan Administratif Jamaah Haji di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati Tahun 2016, Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan kalijaga Yogyakarta, 2017. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kendala yang ditemukan dalam pelayanan administratif di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati, sehingga memunculkan pertanyaan bagaimana manajemen pelayanan administratif jamaah haji di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana manajemen pelayanan administratif jamaah haji di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati Tahun 2016. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Miles dan Huberman, sedangkan teknik menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode pengumpulan data. Hasil penelitian yang didapat menunjukkan bahwa manajemen pelayanan administratif jamaah haji di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati belum prima. Hal ini dapat dilihat dengan adanya aktivitas-aktivitas dalam manajemen pelayanan administratif yang belum dilaksanakan, di antaranya: perencanaan, pengorganisasian dan pengawasan masing-masing ada 2 aktivitas yang belum terpenuhi, sedangkan koordinasi sudah diterapkan dengan baik. Dalam perencanaan aktivitas yang belum terpenuhi adalah penetapan tindakan dan prioritas pelaksana dan penetapan metode, aktivitas pengorganisasian yang belum terpenuhi adalah memberikan wewenang kepada masing-masing pelaksanaan dan menetapkan jalinan hubungan, aktivitas komando yang belum terlakswana adalah pengembangan dan peningkatan pelaksanaan, aktivitas pengawasan yang belum dilaksanakan adalah menetapkan standar dan membandingkan pelaksana dengan standar. Inovasi dalam melakukan pelayanan administratif seperti menggunakan sistem OSS (One Stop Service), belum diterapkan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Manajemen Pelayanan Administratif KW - Jamaah Haji KW - Kantor Kementerian Agama kabupaten Pati. M1 - skripsi TI - MANAJEMEN PELAYANAN ADMINISTRATIF JAMAAH HAJI DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN PATI TAHUN 2016 AV - restricted ER -