<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PEMIKIRAN FRITJHOF SCHUON TENTANG\r\nKESATUAN AGAMA-AGAMA\r\n(lmplikasinya Terhadap Pemahaman Agama)"^^ . "Menurut Fritjhof Schuon agama mempunyai dua sisi, yakni sisi substansi\r\ndan sisi bentuk. Banyak orang yang menilai \"bentuk\" agama sebagai suatu yang\r\nabsolut. Tak jarang pemikiran seperti itulah yang kemudian ban yak menimbulkan\r\npermasalahan. Pemikiran Fritjhof Schuon tentang kesatuan agama-agama dan\r\nimplikasinya terhadap pemahaman agama ini lebih memperkaya terhadap\r\npenelitian sebelumnya.\r\nLatar belakang pemikiran ini sangat mempengaruhi model studi agama\r\nyang di lakukan, menurutnya agama adalah aturan hidup bagi manusia yang\r\nberasal langsung dari Tuhan. Agama merupakan peiWUjudan dari tradisi.\r\nFungsinya adalah untuk menyelamatkan yang juga untuk jalan kembali bagi\r\nmanusia menuju pada yang mutlak, yaitu Tuhan agama telah ada sejak keberadaan\r\nmanusia, pada hakekat agama adalah kekal.\r\nPendekatan atau sudut pandang terhadap agama yang dilakukan oleh Fritjhof\r\nSchuon adalah metafisika. Pendekatan ini disebut juga pendekatan perenialistik\r\ndan pendekatan fenomenologi sehingga dalam mengkaji agama atau tradisi tidak\r\nterbatas pada agama atau tradisi tertentu baik bersifat otentik maupun berdasarkan\r\ngeografis. Oengan pendekatan ini semua orang mempunyai kesempatan untuk\r\nmenyelami kehidupan spiritual melalui tradisi yang ia kehendaki dengan demikian\r\nfritjhof shuon dapat dikatakan telah berhasil melakukan pembenahan dalam\r\nbidang kesatuan agama-agama melalui metode-metode.\r\nDalam karya Fritjhof Schuon The Transcendent Unity of Religion, adanya\r\nkesatuan agama-agama Secara metafisis yang infinite adalah realitas yang\r\ntertinggi. Pada tingkatan ini terdapat kesatuan transendent agama-agama.\r\nSedangkan pada tingkatan bawahnya terdapat realitas yang relatif agama-agama\r\nmenampakkan ortodoksinya yang khas. Dalam kontek ini Fritjhof Schuon\r\nmengatakan bahwa agama merupakan perpaduan antara dimensi eksoteris dan\r\ndimensi esoteris atau bentuk dan subtansi.\r\nAgama selalu merupakan manifestasi kebenaran dan kehadiran Ilahi,\r\ndengan tingkat penekanan kepada salah satu, yang berbeda-beda antara satu\r\nagama dengan agama yang lainnya Kesatuan agama-agama menurut Fritjhof\r\nSchuon didasarkan pada konsep dokmatis tentang transenden agama-agama,\r\nesensinya terkandung secara esoteris dalam berbagai bentuk formal agama-agama\r\nsecara eksoteris ..\r\nMenurut Fritjhof Schuon agama dapat di pahami oleh manusia maka agama\r\nterdiri dari dua dimensi yaitu. Dimensi esoteris dan dimensi eksoteris atau\r\nsubtansi dan bentuk secara eksoteris agama bersifat abadi tunggal dan mutlak,\r\npada dimensi eksoteris terjadi titik temu atau kesatuan agama-agama pluralis\r\nagama hanya pada demensi eksoterisnya dan esensi hakikinya hanya pada supra\r\nformalnya pada agama\r\nPerenialisme meyakini bahwa setiap agama memiliki dimensi eksoteris dan\r\nesoteris sebagai suatu pandangan dunia (world view). Doktrin dan ajaran-ajaran\r\nsemua agama selalu menunjukkan satuan-satuan yang berbeda, namun kenyataan\r\nini hanya bisa terjadi hila dipandang dari sudut eksoteris semata."^^ . "2004-07-21" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDDIN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 975522443"^^ . "MUKHOLID"^^ . "NIM. 975522443 MUKHOLID"^^ . . . . . . "PEMIKIRAN FRITJHOF SCHUON TENTANG\r\nKESATUAN AGAMA-AGAMA\r\n(lmplikasinya Terhadap Pemahaman Agama) (Text)"^^ . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PEMIKIRAN FRITJHOF SCHUON TENTANG\r\nKESATUAN AGAMA-AGAMA\r\n(lmplikasinya Terhadap Pemahaman Agama) (Text)"^^ . . . "PEMIKIRAN FRITJHOF SCHUON TENTANG\r\nKESATUAN AGAMA-AGAMA\r\n(lmplikasinya Terhadap Pemahaman Agama) (Other)"^^ . . . . . . "PEMIKIRAN FRITJHOF SCHUON TENTANG\r\nKESATUAN AGAMA-AGAMA\r\n(lmplikasinya Terhadap Pemahaman Agama) (Other)"^^ . . . . . . "PEMIKIRAN FRITJHOF SCHUON TENTANG\r\nKESATUAN AGAMA-AGAMA\r\n(lmplikasinya Terhadap Pemahaman Agama) (Other)"^^ . . . . . . "PEMIKIRAN FRITJHOF SCHUON TENTANG\r\nKESATUAN AGAMA-AGAMA\r\n(lmplikasinya Terhadap Pemahaman Agama) (Other)"^^ . . . . . . "PEMIKIRAN FRITJHOF SCHUON TENTANG\r\nKESATUAN AGAMA-AGAMA\r\n(lmplikasinya Terhadap Pemahaman Agama) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PEMIKIRAN FRITJHOF SCHUON TENTANG\r\nKESATUAN AGAMA-AGAMA\r\n(lmplikasinya Terhadap Pemahaman Agama) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PEMIKIRAN FRITJHOF SCHUON TENTANG\r\nKESATUAN AGAMA-AGAMA\r\n(lmplikasinya Terhadap Pemahaman Agama) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PEMIKIRAN FRITJHOF SCHUON TENTANG\r\nKESATUAN AGAMA-AGAMA\r\n(lmplikasinya Terhadap Pemahaman Agama) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #26199 \n\nPEMIKIRAN FRITJHOF SCHUON TENTANG \nKESATUAN AGAMA-AGAMA \n(lmplikasinya Terhadap Pemahaman Agama)\n\n" . "text/html" . . . "Perbandingan Agama"@en . .