%0 Thesis %9 Skripsi %A IMALATUR ROIHAH NIM. 05410143, %B Fakultas Tarbiyah %D 2009 %F digilib:2620 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K Implikasi, Teori Kognitif, Jean Piaget, Kepribadian, Muslim, Anak, Usia Sekolah %T IMPLIKASI TEORI KOGNITIF JEAN PIAGET DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MUSLIM PADA ANAK USIA SEKOLAH 7-12 TAHUN %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2620/ %X ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan secara kritis teori perkembangan kognitif yang dikembangkan oleh Jean Piaget serta implikasinya terhadap pendidikan terkait dengan pembentukan kepribadian muslim pada anak usia 7 sampai 12 tahun. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumbangan akademis bagi para praktisi pendidikan khususnya yang terkait dengan teori perkembangan kognitif Jean Piaget dan implikasinya terhadap pendidikan terkait dengan pembentukan kepribadian anak. Khususnya dalam mengembangkang cara berpikiri anak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang termasuk library research. Pengumpulan data melalui studi pustaka, yang didasarkan pada data primer dan data sekunder. Analisis data menggunakan deskriptif analitik dengan pola berpikir induktif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) perkembangan kognitif pada anak usia sekolah yang diungkapkan oleh Piaget bahwa anak memiliki beberapa karakteristik perkembangan kognitif yakni, pada masa usia sekolah anak sudah memasuki tingkat operasional kongkret yakni cara berpikir kongret dan logis meskipun dalam menghadapi suatu persoalan masih bersifat kongret dan sederhana. (2) Teori perkembangan kognitif anak usia sekolah yang dikembangkan oleh Jean Piaget berimplikasi terhadap pembentukan kepribadian anak yakni; melalui pembiasaan yang disertai pemberian pengertian mengenai nilai-nilai keagamaan dan ketuhanan sehingga akan terjadi pembentukan konsep religius pada anak. Pembentukan konsep keagamaan yang sesuai dengan tingkat berpikir anak yang masih kongkret. Disamping itu, juga perlu diciptakan lingkungan yang positif dan kondusif dalam kehidupan anak agar mempunyai pengaruh yang positif pula pada kepribadian anak. %Z Pembimbing : Drs. Sarjono, M.Si.