<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "TRADISI QADA SALAT UNTUK MAYAT PADA MASYARAKAT KWASEN SRIMARTANI PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA (studi Hadis-hadis Qada Salat untuk Mayat)"^^ . "Islam mengatur hubungan antara manusia dengan Tuhan. Kewajiban\r\nmanusia menurut Allah SWT. Adalah beribadah kepada-Nya. Ibadah itu memiliki\r\nrnakna yang sangat luas. Dalam pengertian Islam yang namanya ibadah atau\r\nmengabdi selalu menyangkut hubungan antara manusi dengan sang khiliq, dan\r\njuga hubungan antar sesama Hal ini tidak berarti tidak mempunyai akibat pada\r\nhubungan antar manusia, baqkan tingkah laku dan perbuatan tersebut merupakan\r\nsendi bagi perbuatan-perbuatan dan tingkah laku yang lain-lain.\r\nTradisi qacji salat untuk mayat pada masyarakat Kwasen Srimartani\r\nPiyungan Bantul Y ogyakarta merupakan tindakan dari suatu kelompok man usia\r\nyang dianggap baik dan bennanfaat bagi golongan mereka dilakukan kernbali\r\nsecara berulang-ulang, sehingga akhimya menjadi kebiasaan (membudaya). Dan\r\nkarena sudah menjadi budaya, maka dengan sendirinya ia lalu menjadi nonna\r\ndalam rnasyarakat itu yang lambat laun dalam pertumbuhannya meningkat\r\nmenjadi nonna hukurn.\r\nMunculnya tradisi qaqa salat untuk mayat, rnerupakan produk dari\r\npemaharnan ulama seternpat. Dengan menganalogikan hadis-hadis yang\r\nbersangkutan mengenai ibadah yang dapat dilakukan oleh orang lain. Di\r\nantaranya hadis tentang haji, puasa dan nazar. Hadis-hadis yang telah\r\ndiriwayatkan oleh Bukhari tersebut merupakan hadis al;id yang berstatus azlz.\r\nJika dilihat dari kualitas sanadnya, maka hadis tersebut bemilai $8/;11;.\r\nTulisan ini dengan rnetode research yang rnerupakan jenis penelitian\r\nkualitatif mencoba rnengkaji tradisi masyarakat K wasen dengan rnelalui observasi\r\ndan interview, penulis men9oba rnendekatinya dengan pendekatan sosio-historis\r\nyang diakurasikan dengan perdekatan hermeneutik hadis.\r\nMelalui literature dab seperangkat metode research di atas, pennasalahan\r\nqacji sal at merupakan masalah ikhlilaf ulama, baik Mul;addisln rnaupun fuqahi.\r\nHanya saja sebagian ulama yang berargumen \" qal}i salat mayat dapat dilakukan\r\noleh orang lain\", pemahaman mcreka terhadap teks memang tidak semudah itu\r\ndalam hadis, namun analogi dengan orang yang meninggal dan mempunyai\r\ntanggungan puasa, haji dan nazar tidaklah berlebihan, karena puasa, haji dan nazar\r\nadalah kewajiban, salat jug~ kewajiban; jika puasa, haji dan nazar bisa bahkan\r\nharus \"dibayar\", salat juga demikian. Pendapat ini sesuai dengan argumen ularna\r\nsetempat.\r\nPenul is melihat tradisi qal}i sal at pada masyarakat K wasen merupakan\r\npernahaman ulama setempat terhadap teks hadis, merupakan pemahaman lokal.\r\nKarena dengan adanya tradi i tersebut, masyarakat paling tidak dapat rnenambah\r\nkekuatan dan kesatuan umat Islam, serta amalan-amalan terpuji lainnya.\r\nSalah satu kelanjuta~ logis prinsip ke-Tuhanan itu ialah paham persamaan\r\nmanusia, Bahwa seluruh umat manusia sama, dari sehri harkat dan martabat\r\nasasinya, jadi tidak ada di antara manusia yang bisa merendahkan dan\r\nmemaksakan manusia lainya. Seorang utusan hanya mendapat tugas untuk\r\nmenyampaikan."^^ . "2004-06-21" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDDIN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 00530252"^^ . "MUSLIMIN"^^ . "NIM. 00530252 MUSLIMIN"^^ . . . . . . "TRADISI QADA SALAT UNTUK MAYAT PADA MASYARAKAT KWASEN SRIMARTANI PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA (studi Hadis-hadis Qada Salat untuk Mayat) (Text)"^^ . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "TRADISI QADA SALAT UNTUK MAYAT PADA MASYARAKAT KWASEN SRIMARTANI PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA (studi Hadis-hadis Qada Salat untuk Mayat) (Text)"^^ . . . "TRADISI QADA SALAT UNTUK MAYAT PADA MASYARAKAT KWASEN SRIMARTANI PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA (studi Hadis-hadis Qada Salat untuk Mayat) (Other)"^^ . . . . . . "TRADISI QADA SALAT UNTUK MAYAT PADA MASYARAKAT KWASEN SRIMARTANI PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA (studi Hadis-hadis Qada Salat untuk Mayat) (Other)"^^ . . . . . . "TRADISI QADA SALAT UNTUK MAYAT PADA MASYARAKAT KWASEN SRIMARTANI PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA (studi Hadis-hadis Qada Salat untuk Mayat) (Other)"^^ . . . . . . "TRADISI QADA SALAT UNTUK MAYAT PADA MASYARAKAT KWASEN SRIMARTANI PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA (studi Hadis-hadis Qada Salat untuk Mayat) (Other)"^^ . . . . . . "TRADISI QADA SALAT UNTUK MAYAT PADA MASYARAKAT KWASEN SRIMARTANI PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA (studi Hadis-hadis Qada Salat untuk Mayat) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "TRADISI QADA SALAT UNTUK MAYAT PADA MASYARAKAT KWASEN SRIMARTANI PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA (studi Hadis-hadis Qada Salat untuk Mayat) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "TRADISI QADA SALAT UNTUK MAYAT PADA MASYARAKAT KWASEN SRIMARTANI PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA (studi Hadis-hadis Qada Salat untuk Mayat) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "TRADISI QADA SALAT UNTUK MAYAT PADA MASYARAKAT KWASEN SRIMARTANI PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA (studi Hadis-hadis Qada Salat untuk Mayat) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #26201 \n\nTRADISI QADA SALAT UNTUK MAYAT PADA MASYARAKAT KWASEN SRIMARTANI PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA (studi Hadis-hadis Qada Salat untuk Mayat)\n\n" . "text/html" . . . "Tafsir Hadist"@en . .