<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KONSEP OTENTISITAS WAHYU TUHAN\r\nDALAM HERMENEUTIKA HASSAN HANAFI"^^ . "Kitab suci al-Qur'an, Tamat, Injil, dan kedua Kitab Perjanjian Lama dan Baru\r\nmcrupakan bcntuk dokumcmtasi wabytr Tuhan tertulis yang senantia a memberikan\r\npetunjuk, ajaran moral, scrta memberikan bimbingan kepada manusia. Namun tak bisa\r\ndipungkiti bahwa wahyu Tuhan tersebut -dalam perjalanannya- mengalarni adanya\r\nperubahan dan pergantian serta dcfonna. i ajaran dan alienasi prakl k. Pcrubahan dan\r\npergantian terscbut, diasumsikan Hassan Hanafi, Lelah dicampuri (intcrvented) oleh p'ihak\r\nlaiJl scrnisal dari para nabj, maupw1 dari naratorny.a. Kon eku nsi dari basil pemahaman\r\nyang diperoleh kitab sucileh karenanya- menjadi sia-sia. Mcnafsirkan k.itab suci -\r\nselanjutnya- akan menjadi tidak mungkin terjadi hila tidak ada kepastian mengenai\r\nkeaslian redaksi kitab suci. Oleh sebab itu, Hassan Hanafi dengan menggunakan berbagai\r\nlangkal1 teori hermeneutikanya, berupaya mengungkap kepalsuan dan ketidak aslian yang\r\nteLjadi, untuk mencnlukan keotentikan wahyu Tuhan tersebut.\r\nPcrsoalan rnengenai seperti apa gambaran hermeneutika yang digunakan Hassan\r\nHana:fi yang kcmudian dia umsikannya scbagai langkah-langkah tepat dalam mcmahami\r\nwahytJ uh an dan bagaimana konsersi Hassan Hanafi atas otentisitas wahyu Tuhan\r\nscbagai wujud implikasi dari kajian hermcneutikanya, akan diteliti dan dikaji dalam\r\nskrip< i ini lcngan mcnggunakan model p n lit ian pustaka (library) dan mcngambil\r\nbent ukmel depan lilian yang bcrsifal dcs kriptif-analilis.\r\nOari r ersoalan yang ada ditem ukan hasil bahwa hermcnutika bagi Hassan Hanafi\r\nbukan hanya ilmu int erpretasi/teori pemahaman an sich, akan tetapi -lebih lanjut,\r\nmerupakan ilmu anrb ruf ya menjelaskan pcncrimaan wahyu Tuhan sejak dari tingkat\r\nper 1pai k lin kal dunia. L bih lanjul, hermcneutika menurut Hanafi\r\nm rupa an WUJUd dcsknpsi proses henncnc utik sebagai ilmu pcngetahuan yang rasional,\r\nformal, obyektif dan universal. Hermeneutika Hanafi tidak membatasi perbincangan\r\nmengcnai model dan varian pemahaman tcrtent u at as teks semata, namun,\r\nhcnncncutikanya juga berkaitan dengan upaya pcnyelidikan sejarah teks unt uk menjamin\r\notentisitasnya sampai penerapan hasil penafsiran dalam kehidupan manusia. Hal ini\r\ndilakukannya, karena Hanafi menginginkan sckaligus rncnawarkan e:H.l any konscpsi\r\npenafsiran yang bersifat objektif, lepat (rigirou. ;), dan universal unluk memahami\r\nbeberapa teks suci keagamaan. Konspsi lercbul - berikutnya- mengkonsckucnsi an\r\nakan adanya kritik historis, kritik eidetik dan krilik praksi ', Dcngan ke'liga langkah krilik\r\ntersebut, analisis hermeneutika bisa menjadi langkah anulisis yang aksiomatik.\r\nMenentukan keotentikan kitab suci hanya dapal dibuktikan mclal ui krilik scjarah.\r\nKritik sejarah haruslah terbebas dari hal yang semata-mata berbau teologis filosofis,\r\nmistik dan spiritual. Keotentikan wahyu Tuhan tidak dijamin oleb takdir T uhan. 13agi\r\nHanafi, wahyu Tuhan dikatakan sebagai wahyu yang otentik, adalah jika wahyu tersebut\r\nmemenuhi persyaratan sebagai berikut; pertama, kata-kata yang diucapkan oleh sang\r\nrasul/nabi adalah kata-kata yang in verbatim (pcrsis dcngan kat a-katti yang diucapkan\r\npcrtama kali). Kcdua pcrkataan dar· w h u yang diterima ra. ul/nabi tidak rnclcwali\r\nrnaa pcngalihan ·ecara IL an, namun ditulis pada saat pengucapannya. Kctiga, pada\r\npengalihan melalui l ulisan, teks-teks lersebut harus beri,i kala-ka a yang secant harfiah\r\nsama dengun yang diu apkan Nabi. Keemput, perjalanan dari pengalihan lisan ke tulisan\r\nnarus dil.akukan scsuai aturan-aturan pcngalihan lisan. Teks-teksnya harus diketahui dan\r\nharus identik. Degit u juga naratornya haruslah orang yang hid up pada zaman yang sama\r\ndi saat dituturkannya kejadian-kejadian dalam teks, serta harus bcrsikap netral dalam\r\npenceritaannya. Dengan kritik historis tcrhadap kitab suci di atas tcrscbut, Hanafi.,\r\nberkesimpulan bahwa hanya kitab suci al-Qur'anlah yang memenuhi semua persyaratan\r\ndan oleh karenanya, ai-Qur'an merupakan kitab suci yang otentik."^^ . "2005-06-27" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDDIN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 01530518"^^ . "MUSTOFA"^^ . "NIM. 01530518 MUSTOFA"^^ . . . . . . "KONSEP OTENTISITAS WAHYU TUHAN\r\nDALAM HERMENEUTIKA HASSAN HANAFI (Text)"^^ . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "KONSEP OTENTISITAS WAHYU TUHAN\r\nDALAM HERMENEUTIKA HASSAN HANAFI (Text)"^^ . . . "KONSEP OTENTISITAS WAHYU TUHAN\r\nDALAM HERMENEUTIKA HASSAN HANAFI (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP OTENTISITAS WAHYU TUHAN\r\nDALAM HERMENEUTIKA HASSAN HANAFI (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP OTENTISITAS WAHYU TUHAN\r\nDALAM HERMENEUTIKA HASSAN HANAFI (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP OTENTISITAS WAHYU TUHAN\r\nDALAM HERMENEUTIKA HASSAN HANAFI (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP OTENTISITAS WAHYU TUHAN\r\nDALAM HERMENEUTIKA HASSAN HANAFI (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KONSEP OTENTISITAS WAHYU TUHAN\r\nDALAM HERMENEUTIKA HASSAN HANAFI (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KONSEP OTENTISITAS WAHYU TUHAN\r\nDALAM HERMENEUTIKA HASSAN HANAFI (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KONSEP OTENTISITAS WAHYU TUHAN\r\nDALAM HERMENEUTIKA HASSAN HANAFI (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #26203 \n\nKONSEP OTENTISITAS WAHYU TUHAN \nDALAM HERMENEUTIKA HASSAN HANAFI\n\n" . "text/html" . . . "Tafsir Hadist"@en . .