%0 Thesis %9 Skripsi %A M. Fathurahman NIM: 03470558, %B Fakultas Tarbiyah %D 2009 %F digilib:2621 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K Madrasah Aliyah Nurul Ummah, Implementasi, Kurikulum, Tingkat, Satuan, Pendidikan %T UPAYA MADRASAH ALIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2621/ %X ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan dan menganalisis tentang upaya Madrasah Aliyah Nurul Ummah Kotagede dalam implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan sebagai kontribusi dalam hal penerapan KTSP sehingga tercipta suasana yang kondusif antar berbagai elemen madrasah, baik di kelas maupun di luar kelas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di Madrasah Aliyah Nurul Ummah (MANU) Kotagede Yogyakarta. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel bertujuan (purposive sampling) yaitu dengan penentuan subyek penelitian Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum dan Pengajaran, Guru dan Siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang telah dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ditinjau dari kesiapan Material atau Sumber Daya Alamiah Madrasah yang diukur melalui kesiapan profesional seperti perangkat kurikulum menunjukkan kategori cukup siap dengan indikator: memiliki kemampuan menguasai materi pembelajaran, mampu menyediakan kematangan jadwal dalam struktur kurikulum, dan memiliki kemampuan menyususn silabus dan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Sedangkan kesiapan sarana prasarana menunjukkan kategori siap dengan indikator: mampu menyediakan gedung, media pendidikan dan memberikan jaminan kenyamanan bagi siswa. Kesiapan keuangan menunjukkan kategori kurang siap karena belum mampu secara maksimal menyediakan pendanaan yang memadai. Sementara kesiapan lingkungan menunjukkan kategori siap, dengan indikator: mampu memberikan situasi kondisi yang representatif dan mampu memberikan kenyamanan lingkungan dari potensi gangguan. (2) kesiapan Nonmaterial atau Sumber Daya Manusia Madrasah yang diukur melalui kesiapan pedagogik seperti halnya kepemimpinan kepala madrasah diketahui cukup siap dengan indikator: mampu mengemban amanat sebagaimana tugas yang diberikan kepadanya, mampu secara maksimal menjalankan tugasnya terkait KTSP. Kesiapan Guru dalam hal ini diketahui cukup siap dengan indikator: memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang KTSP, kemampuan melaksanakan pembelajaran yang meliputi pengembangan metode dan strategi. Kesiapan siswa menunjukkan cukup siap dengan indikator: memiliki pemahaman tentang KTSP, dan mampu menggunakan media pendidikan yang berbasis TI (Teknologi Informasi). %Z Pembimbing : Dra. Wiji Hidayati, M. Ag.