%A NIM. 02451455 BINTI ROHMATUL LAlLI %O 1. Dra. Siti Mariyam, M. Kes 2. Arifah Khusnuryani, M.Si %T PENIGKATAN PEMAHAMAN SISWA DENGAN IMPLEMENTASI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES UNTUK MATERI POKOK SISTEM PERNAFASAN KELAS XI MADRASAH ALlYAH NEGERI WONOKROMO TAHUN AJARAN 2005/2006 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan keterampilan proses terhadap pemahaman konsep Sistem Pemafasan bagi siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Wonokromo tahun ajaran 2005-2006, ditinjau dari aspek psikomotorik, kognitif, dan afektifuya. Selain itu juga untuk mengetahui keterampilan proses apa saja yang dapat dikembangkan dalam proses pembelajaran tersebut, sehingga pemahaman siswa terhadap konsep Sistem Pemafasan dapat meningkat. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Wonokromo tahun ajaran 2005-2006. Data yang dikumpulkan berupa data keterampilan proses yang yang dilaksanakan siswa saat proses pembelajaran berlangsung dengan menggunakan LKS l, LKS II dan LKS III sebagai data kemampuan aspek psikomotorik siswa. Data aspek kognitif siswa berupa nilai basil pre-test dan posttest. Sedangkan data aspek afektif dinilai dari beberapa aspek sosial yang dikembangkan selama proses pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan memaparkan frekuensi dan persentase siswa yang dapat meningkat pemahamanya dilihat dari prestasi belajar mereka. Hasil penelitian menunjukan dengan menerapkan metode pembelajaran dengan pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Wonokromo tahun ajaran 2005-2006 dalam mempelajari konsep Sistem Pemafasan. Peningkatan pemahaman ini dapat dilihat baik dari aspek kognitif, aspek psikomotorik, maupun aspek afektif. Dari aspek psikomotorik dapat dilihat dari meningkatnya penguasaan siswa terhadap keterampilan proses yang dikembangkan pada tiap siklusnya. Pada aspek kognitif dapat dilihat dari meningkatnya rata-rata nilai hasil pre-test dan post-test yang diperoleh siswa, serta meningkatnya jumlah siswa yang dapat memperoleh nilai sesuai target yang ditetapkan. Dari aspek afektif dapat dilihat dari meningkatnya kemampuan siswa dalam menguasai beberapa aspek sosial yang dikembangkan pada ketiga siklusnya. %K pendidikan biologi, metode %D 2006 %I UIN Sunan Kalijaga %L digilib26211