<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "AL-BALA' DALAM AL-QUR'AN\r\n(Studi Komparatif atas Penafsiran az-Zamakhsyaii dan ar-Raz1)"^^ . "AL-BALA' DALAM AL-QUR'AN\r\n(Studi Komparatif atas Penafsiran az-Zamakhsyaii dan ar-R8ii)\r\n\r\nKata \"bala\" dalarn bahasa Indonesia merupak.an kata serapan dari bahasa Arab: r- - - yang berarti \r\nujian atau cobaan. Kalimat \"bala bencana\" dan 11tolak bala\" menunjukkan penggunaan idiom tersebut \r\ndalam konotasi negatif. Tetapi keterangan al-Qw·'an menggambarkan bahwa kata \"bala,' (dalam bahasa \r\nArab), tidak.lah mesti berkonotasi negatif tetapi juga bermakna p0sitif yak.ni kenikmatan. Ia tidak \r\nisa ditotak karena eksistensinya integral dengan kehidupan itu sendiri. Adanya ujian bagi manusia \r\nmerupakan sebuah konsekuensi logis yang terpaket dengan adanya kehidupan manusia yang diperlengkapi \r\ndengan berbagai kemampuan dan kehendak. bebas. Secara wnum, al-Qur'an menegaskan bahwa Allah \r\nmenguji manusia dengan bentuk kebaikan dan keburukan. Karena kehidupan dan kematian serta kebaikan \r\ndan keburukan yang kita rasakan di dunia in\\ mempak.an ujian, maka hakikatnya ujian merupakan \r\nsesuatu yang menuntut kita untuk berolah sikap dalam hidup, mengingat sikap yang kita ambil dalam \r\nhidup ini akan dipertanggung jawabkan di akhirat kelak..\r\nPertanyaan besar yang seringkali terdapat dalam benak kita adalah rnengapa AHah menciptakan manusia \r\ndan lantas mengujinya? Kepentingan apakah yang menyelimutinyn? Dalam skripsi ini , penuHs \r\nmembatasi pembahasan pada p nafsiran az-Zamakhsyarr (467 H - 533 H) dan ar-Razr 54JH - 606 H). \r\nKeduanya merupakan ulam<1 kesohor pada masanyu. Selain ahli bahasa., rnereka juga dikenal sebagai \r\nulama kalarn da.\"l rnenafisrkan al-Qur'an dengan pendekatan rasional (bi ar-ra'j). Namun, mazhab \r\nkalam yang dianut antara keduanya sangat bertolak. belakang. Az-Zamakhsyarr dikenal sebagai ularna \r\nyang fanatik terhadap Mu'tazilah, sedangkan ar-Ra2:rpenganut fanatik Ahl as-Sunnal1 wa al-Jarna1ah.\r\nKedua mufassir mi angat memperhatikan struktur bahasa dalarn\r\nmc:nafsirkan ayat. Bahkan, kerap kali keduanya juga mengutip syair-syair dan riwayat untuk \r\nmemperkuat argumentasi penafsirannya. Namun, riwayat hadis yang rnereka kutip, terutama dalarn \r\ntema ini, tidak pernah mencantumkan sanadnya sehiugga sangat mungkin untuk meragukan riwayat \r\ntersebut.\r\nBerbeda dengan az-Zamakhsyarryang memasukkan taham kalamnya secara Iaten dalarn pcnafsirannya \r\nmenyangkut tema ini, ar-Razr justru secara terang­\r\nterangan menuliskan faham Ahl as-Sunnah wa ai-Jamaah-nya secara polemis dalarn menyerang \r\nlawan-lawannya. Meshpun keduanya memiliki Jatar belakang faham yang berheda dan pada masa itu kedua \r\nfaham yang mereka anut seringkali berselisih bahkan sampai menimbulkan pertumpahan darah \r\nnarnun, ar-Ra2C ternyata rnt!ngagumi az-Zamakhsyarr dengan seringnya ia mengutip pendapatnya dalam \r\nmenafsirkan ayat. Mak.a hal ini membuktikan , mesk.ipun az-Zamak.hsyari ­ merupakan tokoh \r\nMu'tazilah tulen tetapi kitabnya masih dapat diterima oleh katangan Asy'ariyyah, terutama \r\nmereka menerima dari kitab itu d!:U'i segi kebahasaannya. Dan bahkan walaupun \r\nberseberangan faharn, kalangan Ahlu Sunnah juga mengistimewakan az-Zamakhsyarr dengan \r\nmemberinya gelar lmiin ad-Dunyi; yang gelarnya ekuivalen dengan gelar Doktor Universales Eropa."^^ . "2005-12-14" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDDIN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 01530561"^^ . "Ade Fakih Kurniawan"^^ . "NIM. 01530561 Ade Fakih Kurniawan"^^ . . . . . . "AL-BALA' DALAM AL-QUR'AN\r\n(Studi Komparatif atas Penafsiran az-Zamakhsyaii dan ar-Raz1) (Text)"^^ . . . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "AL-BALA' DALAM AL-QUR'AN\r\n(Studi Komparatif atas Penafsiran az-Zamakhsyaii dan ar-Raz1) (Text)"^^ . . . . . "AL-BALA' DALAM AL-QUR'AN\r\n(Studi Komparatif atas Penafsiran az-Zamakhsyaii dan ar-Raz1) (Other)"^^ . . . . . . "AL-BALA' DALAM AL-QUR'AN\r\n(Studi Komparatif atas Penafsiran az-Zamakhsyaii dan ar-Raz1) (Other)"^^ . . . . . . "AL-BALA' DALAM AL-QUR'AN\r\n(Studi Komparatif atas Penafsiran az-Zamakhsyaii dan ar-Raz1) (Other)"^^ . . . . . . "AL-BALA' DALAM AL-QUR'AN\r\n(Studi Komparatif atas Penafsiran az-Zamakhsyaii dan ar-Raz1) (Other)"^^ . . . . . . "AL-BALA' DALAM AL-QUR'AN\r\n(Studi Komparatif atas Penafsiran az-Zamakhsyaii dan ar-Raz1) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "AL-BALA' DALAM AL-QUR'AN\r\n(Studi Komparatif atas Penafsiran az-Zamakhsyaii dan ar-Raz1) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "AL-BALA' DALAM AL-QUR'AN\r\n(Studi Komparatif atas Penafsiran az-Zamakhsyaii dan ar-Raz1) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "AL-BALA' DALAM AL-QUR'AN\r\n(Studi Komparatif atas Penafsiran az-Zamakhsyaii dan ar-Raz1) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #26216 \n\nAL-BALA' DALAM AL-QUR'AN \n(Studi Komparatif atas Penafsiran az-Zamakhsyaii dan ar-Raz1)\n\n" . "text/html" . . . "Tafsir Hadist"@en . .