%A NIM. 0041 0192 MA'NUN %O Drs. Tasman Hamami, M.A., %T METODE PENDIDIKAN K.H. AHMAD DAHLAN (DITINJAU DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM) %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara lebih dalam tentang metode pendidikan K.H. Ahmad Dahlan dengan menggunakan sudut pangdang ilmu pendidikan Islam. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan atau kontribusi bagi para pendidik, baik di lingkungan pendidikan formal, nonformal maupun informal, dalam upaya meningkatkan kulitas metode pendidikan Islam yang tepat guna. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar seorang tokoh K.H. Ahmad Dahlan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan analisis kritik, yaitu kritik ekstem dan intern. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Karakteristik metode pendidikan K.H. Ahmad Dahlan lebih mengedepankan pada keteladanan, bersifat praktis, bersifat partisipatif dan komunikatif, menggembirakan, fleksibel dan dinamis, serta integratif (2) Dalam konteks pendidikan Islam dewasa ini, metode pendidikan K. H. Ahmad Dahlan tetap aktual dan relevan untuk diterapkan dalam pembelajaran PAI di sekolah. Tidak lebih pentingnya untuk disebut bahwa metode pendidikan K.H. Ahmad Dahlan memiliki daya konstruktif, apresiatif, integratif dan kritis, sehingga tepat untuk dikembangkan menghadapi persaingan global dan modemitas. %K Pendidikan K.H. Ahmad Dahlan, Perspektif Pendidikan Islam %D 2006 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib26217