%0 Thesis %9 Skripsi %A NAFISATUL UMAMAH, NIM. 98532716 %B FAKULTAS USHULUDDIN %D 2004 %F digilib:26221 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K ayat khuniyah, tafsir %T PENAFSIRAN AL-ALUSI TERHADAP AYAT-AYAT KAUNIYAH DALAM TAFSIR RUH AL-MA'ANI %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26221/ %X Al-Qm'an al-Karim diwa.hyukan kepada Nabi Muhammad Saw, terdiri atas 6.236 ayat, terdiri dari 750 ayat yang secara tegas menguraikan tentang alam raya dan fenomenanya. Uraian-uraian sekitar persoalan tersebut sering disebut ayat-ayat k.auniyah. Hal ini menunjukkan bahwa al-Qur'an memerintahkan atau menganjurkan kepada manusia untuk memperhatikan dan mempeJajari alam raya dalam rangka memperolch manfaat dan kemudahan bagi kehidupannya, serta untuk mengantarkan kepada kesadaran akan keesaan dan kemahakuasaan Allah SWT, bukan menganggap al-Qur'an sebagai kitab ilmu pengetahuan atau bertujuan untuk menguraikan hakekat-hakekat a1amiah, karena bangunan ilmu pengetahuan sifatnya dinamis dan tidak pernah mencapai final. Sehingga relativitas rumusan ilmiah tidak dapat dijadikan standar pembenaran atas penafsiran ayat al-Qur'an, terutama ayatayat kauniyah. Redaksi ayat-ayat kauniyah bersifat ringkas, teliti, dan padat, sehingga penafsiran terhadap ayat-ayat tersebut menjadi sangat berfariasi sesuai tingkat kecerdasan Jatar belakang, dan pengetahuan masing-masing penafsir. Dalam hal ini al-Aliisi melakukan kajian tcrhadap ayat-ayat kauniyuh dengan kejelian dan keobyektifan. aJ-AlUsi dalarn mensikapi keterbatasan pengetahuannya menyangkut subjek atau pokok bahasan ayat dalam menafsirkan ayat kauniyah. Dengan banyak mengutip pendapat ahli yang kornpeten da1am permasalahan tersebut dilengkapi dengan komentar pribadi dan mengkritisi pendapat ularna yang ada. Dengan mengembangkan model tafsir siiji-isyiirl dan l~yliri- '1/mi, menghasilkan penafsiran yang komprehensif karena mampu mengupas ayat baik yang secara tersirat (batini) maupun yang tersurat (::ahiri). Hal ini memberikan kvntribusi yang signifikan terhadap tradisi pengernbangan tafsir khususnya penafsiran ayat kauniyah yang akhir-akhir ini sering d.idekati dengan cara tafsir ilmiah yang terkadang hanya menjangkau ayat secara zahir saja. Disamping kepiawaiannya dalam membidik ayat-ayat kauniyah ai-Aliisi juga mempunyai kekurangan yaitu tidak seluruh ayat yang ditafsirkan dijelaskan asbab an-nu::Ulnya, dalarn mengambil riwayat dari sahabat tidak diuraikan sanad dan rawinya secara lengkap, tidak semua pendapat yang dinukil, dikritisi dan diberikan penilaian serta tidak seluruh materi dijelaskan secara terperinci. %Z Drs. H. Fauzan Naif, MA