TY - THES N1 - 1. Drs. H. SEDYA SANTOSA, S. S. M. Pd. 2. Dra. Hj. Khurul Wardati, M.Si. ID - digilib26235 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26235/ A1 - ISMAIL KHUDORI, NIM. 03430033-T Y1 - 2005/02/01/ N2 - Nilai Matematika di SMA Muhammadiyah Sewon belum memuaskan karena pengembangan proses pembelajaran dengan beberapa metode dan pendekatan belum dapat membangkitkan motivasi belajar siswa. Melalui penelitian tindakan kelas ini akan diterapkan pemberian tugas terstruktur yang membantu guru dalam merancang proses pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemnis dan Taggart yang terdiri dari beberapa siklus. Masing-masing siklus mempunyai 4 unsur yaitu: Perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Guru menyiapkan tugas terstruktur dengan kriteria A: soal mudah, B: Soal sedang dan C: soal sulit. Setelah memberikan penjelasan pokok bahasan limit fungsi aljabar secukupnya guru memberikan tugas yang telah disiapkan mula-mula soal A siapa yang sudah selesai diberi soal B dan terakhir diberi soal C. Setelah 80% dapat menyelesaikan soal C dengan bantuan guru untuk menyimpulkan apa yang telah dikerjakan. Dari hasil pelaksanaan dan pengamatan pada setiap siklus terlihat bahwa siswa sangat antusias untuk segera menyelesaikan tugas terstruktur yang diberikan guru. Dengan demikian pemberian tugas terstruktur dapat mewujudkan pembelajaran yang aktif, efektif, kreatif dan dapat meningkatkan motivasi serta prestasi belajar siswa. Kata kunci: Upaya, belajar dan tugas terstruktur PB - UIN Sunan Kalijaga KW - Upaya KW - belajar dan tugas terstruktur M1 - skripsi TI - UPAYA PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SMA MUHAMMADIYAH SEWON MELALUI PEMBERIAN TUGAS TERSTRUKTUR AV - restricted EP - 125 ER -