eprintid: 26235 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/02/62/35 datestamp: 2017-07-20 01:11:18 lastmod: 2017-07-20 01:11:18 status_changed: 2017-07-20 01:11:18 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ISMAIL KHUDORI, NIM. 03430033-T title: UPAYA PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SMA MUHAMMADIYAH SEWON MELALUI PEMBERIAN TUGAS TERSTRUKTUR ispublished: pub subjects: met_pemb subjects: pen_mat divisions: jur_tad full_text_status: restricted keywords: Upaya, belajar dan tugas terstruktur note: 1. Drs. H. SEDYA SANTOSA, S. S. M. Pd. 2. Dra. Hj. Khurul Wardati, M.Si. abstract: Nilai Matematika di SMA Muhammadiyah Sewon belum memuaskan karena pengembangan proses pembelajaran dengan beberapa metode dan pendekatan belum dapat membangkitkan motivasi belajar siswa. Melalui penelitian tindakan kelas ini akan diterapkan pemberian tugas terstruktur yang membantu guru dalam merancang proses pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemnis dan Taggart yang terdiri dari beberapa siklus. Masing-masing siklus mempunyai 4 unsur yaitu: Perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Guru menyiapkan tugas terstruktur dengan kriteria A: soal mudah, B: Soal sedang dan C: soal sulit. Setelah memberikan penjelasan pokok bahasan limit fungsi aljabar secukupnya guru memberikan tugas yang telah disiapkan mula-mula soal A siapa yang sudah selesai diberi soal B dan terakhir diberi soal C. Setelah 80% dapat menyelesaikan soal C dengan bantuan guru untuk menyimpulkan apa yang telah dikerjakan. Dari hasil pelaksanaan dan pengamatan pada setiap siklus terlihat bahwa siswa sangat antusias untuk segera menyelesaikan tugas terstruktur yang diberikan guru. Dengan demikian pemberian tugas terstruktur dapat mewujudkan pembelajaran yang aktif, efektif, kreatif dan dapat meningkatkan motivasi serta prestasi belajar siswa. Kata kunci: Upaya, belajar dan tugas terstruktur date: 2005-02-01 date_type: published pages: 125 institution: UIN Sunan Kalijaga department: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: ISMAIL KHUDORI, NIM. 03430033-T (2005) UPAYA PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SMA MUHAMMADIYAH SEWON MELALUI PEMBERIAN TUGAS TERSTRUKTUR. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26235/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26235/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf