TY - THES N1 - Pembimbing : Dr. Mahmud Arif, M. Ag. ID - digilib2625 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2625/ A1 - MAULANA ISMAIL NIM. 02411270, Y1 - 2009/06/11/ N2 - ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah bahwa krisis lingkungan yang sedang terjadi saat ini merupakan problem yang kompleks menyangkut segenap aspek kehidupan, yang tidak bisa diselesaikan hanya dengan menggunakan satu pendekatan saja. Manusia mempunyai andil besar dalam masalah ini. Untuk itu, agama dan pendidikan kiranya dianggap mampu memberikan solusi jangka panjang dan lebih soft dalam menyelesaikan krisis lingkungan saat ini. Agama dalam konteks ini Islam mempunyai banyak nilai-nilai yang dapat dijadikan landasan dan panduan berfikir dan bertindak, sedangkan pendidikan Islam dapat berfungsi sebagai proses transformasi pengetahuan dan nilai, pewarisan budaya dan pembentuk budaya yang ramah lingkungan. Permasalahan penelitian ini adalah Bagaimana konsep lingkungan dalam Al-Quran, Bagaimana konsep pendidikan lingkungan perspektif Al-Quran dan Bagaimana aktualisasinya dalam pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menginterpretasikan, mendiskripsikan dan menganalisis secara kritis konsep pendidikan lingkungan perspektif Al-Quran dan bagaimana aktualisasinya dalam pendidikan Islam. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk memperkaya konsep pendidikan Islam agar lebih komprehensif dan transformatif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang dapat digolongkan dalam penelitian kepustakaan (library research). Pengumpulan data dilakukan dengan menghimpun data yang berupa data primer dan data sekunder. Data primer yang digunakan adalah Al-Quran beserta tafsirnya. Penentuan ayat-ayat yang dikaji ditentukan berdasarkan tema judul penelitian. Sedangkan data sekunder dihimpun dari berbagai literatur yang membahas tema Islam dan lingkungan, pendidikan lingkungan dan pendidikan Islam. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis hermeneutik dengan pendekatan tafsir pendidikan (tafsir tarbawy). Dari hasil interpretasi terhadap teks tersebut ditarik kesimpulan, selanjutnya diaktualisasikan dalam konsep pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Lingkungan dalam Al-Quran mencakup alam raya dan seluruh isinya, dengan Allah sebagai pusat segalanya, manusia sebagai khalifah-Nya dan alam sebagai amanah yang harus dilestarikan. (2) Mengacu pada tiga relasi manusia, pendidikan lingkungan perspektif Al- Quran meliputi tiga dimensi, yakni: (a) pendidikan lingkungan berdimensi ketuhanan (ilahiyyah); (b) pendidikan lingkungan berdimensi kemanusiaan (insaniyyah); dan (c) pendidikan lingkungan berdimensi kealaman (alamiyyah). (3) Aktualisasinya dalam pendidikan Islam dilakukan dengan mengintegrasikan konsep-konsep yang telah ditemukan ke dalam tiga aspek pendidikan Islam, yakni: (a) aspek tujuan pendidikan Islam meliputi tujuan akhir, umum dan khusus; (b) aspek materi pendidikan Islam; dan (c) aspek metode pendidikan Islam meliputi metode pemahaman, metode penyadaran dan metode praktek (amal). PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Pendidikan KW - Perspektif KW - Al-Qur'an KW - Aktualisasi KW - Pendidikan KW - Islam M1 - skripsi TI - PENDIDIKAN LINGKUNGAN PERSPEKTIF AL-QURAN DAN AKTUALISASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM AV - restricted ER -