relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2628/ title: PEMBELAJARAN FONETIK ARAB ANAK-ANAK USIA MIDDLE CHILDHOOD (Studi Kasus Pembelajaran Bahasa Arab di TKA-TPA Masjid At-Tauhid Demangan Kidul Yogyakarta) creator: Miladiyah Rahmawati NIM: 05420013, subject: Bahasa Arab description: ABSTRAK Taman Pendidikan Al-Qur’an merupakan salah satu lembaga pendidikan non formal yang ikut memperhatikan peningkatan kemampuan kebahasaan bagi anak-anak. Di sinilah, anak-anak sebagai gambaran masa depan, mulai mengenal dan mempelajari bahasa Arab dari unsur paling dasar dan sederhana. Mereka mempelajari bunyi huruf Arab, belajar membaca, menulis, dan menghafal mufrod�t sederhana. Permasalahan yang ada di TKA-TPA Masjid At-Tauhid adalah santri kesulitan mengucapkan huruf-huruf tertentu, yang tidak terdapat dalam struktur bahasa Indonesia, dengan makharijul huruf yang benar. Mereka juga menemukan kesulitan dalam menulis huruf Arab, yang mempunyai kaidah yang berbeda dengan kaidah penulisan Indonesia. Selain itu santri belum bisa menghafalkan mufrodat dengan baik. Dalam proses pembelajaranpun mereka juga sulit dikondisikan dan tidak memperhatikan materi yang diberikan oleh para ustadz/ah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses pembelajaran fonetik Arab untuk anak-anak usia middle childhood (6-12 tahun) di TKA–TPA Masjid At-Tauhid Demangan Kidul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berupa penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi terhadap proses pembelajaran, wawancara dengan ustadz/ah, tes, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah direktur dan beberapa ustadz/ah serta santri kelas TPA. Analisis data yang digunakan adalah analisis data non statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara teoritis anak usia middle childhood mempuyai potensi yang besar untuk belajar, termasuk belajar bahasa Arab. Akan tetapi berdasarkan temuan di lapangan, mereka mengalami beberapa kendala dalam belajar bahasa Arab. Kendala tersebut antara lain: problematika fonologis amp; tulisan, faktor dari guru (ustadz/ah), dan problematika dalam pengkondisian kelas. Beberapa solusi yang direkomendasikan untuk mengatasi masalah tersebut antara lain: menggunakan analisis kontrastif antara bahasa Arab dan bahasa Indonesia, belajar dengan prinsip 3 B (bermain, bernyanyi, dan bertepuk tangan), belajar dengan prinsip 3 M (mendengarkan, menirukan, dan mengulangi), menggunakan media audio visual, serta kiat mengkondisikan kelas dan sosok ustadz/ah idaman. Hasil penelitian ini diharapkan bisa menjadi informasi dan masukan bagi para pendidik atau siapapun yang ikut mempehatikan pendidikan bahasa Arab untuk anak. date: 2009-06-11 type: Thesis type: PeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2628/1/BAB%20I%2CV.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2628/2/BAB%20II%2CIII%2CIV.pdf identifier: Miladiyah Rahmawati NIM: 05420013, (2009) PEMBELAJARAN FONETIK ARAB ANAK-ANAK USIA MIDDLE CHILDHOOD (Studi Kasus Pembelajaran Bahasa Arab di TKA-TPA Masjid At-Tauhid Demangan Kidul Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.