<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "STUDI KOMPARATIF PENAFSIRAN\r\nM.QURAISH SHIHAB DAN MUHAMMAD SYAHRUR\r\nTENTANG SYAHWAT PADA Q.S. ALI 'IMRAN (3):14"^^ . "Kata \"syahwat\" adalah istilah yang sangat familiar dalam\r\nkehidupan kita sehari hari. Istilah ini umumnya dipahami sebagai salah\r\nsatu daya hewan yang ada pada diri manusia untuk menggerakkan\r\nmenuju sesuatu yang dianggap penting dan berguna demi mencari\r\nkenikmatan. Ia juga merupakan dorongan fitrah yang mendorong\r\nmanusia kepada segala sesuatu yang memusatkan kebutuhannya dan\r\nbersifat instinktifprimer, seperti m.akan, minum, berpakaian dan menikah.\r\nAl-Qur' an mengenal istilah syahwat dalam berbagai pengertian dan\r\nbentuk derivasinya. Namun ayat yang secara jelas menyebutkan syahwat\r\ndan jenis-jenisnya adalah yang terdapat dalam Q.S. Ali 'Imran (3): 14.\r\nAyat ini dipahami sebagai ayat yang menjelaskan kecenderungan\r\nmanusia pada aspek-aspek material. Namun kadang juga dipahami\r\nsebagai ay~t yang bukan hanyn menjelaskan kecenderungan manusia\r\npada aspek material saja, tetapi juga aspek jasmani dan inderawi.\r\nKompleksnya persoalan di seputar syahwat membuat daya tarik\r\ntersendiri bagi penulis untuk menfokuskan kajian ini pada penafsiran dua\r\ntokoh yang -paling tidak- pernah menafsirkan ayat ini, yakn:i M. Quraish\r\nShihab dan Mmmad Syauiir, dan kemudian membandingkan\r\npenafsiran keduanya untuk mencari persamaan dan perbedaan, baik dari\r\naspek metodologi maupun substansial penafsiran.\r\nUntuk mengambil kesimpulan dari penafsiran kedua tokoh\r\ntersebut, maka metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode\r\ndeskriptif-komparatif, yaitu dengan menguraikan secara sistema~\r\npenafsiran kedua tokoh tersebut tentang konsep syahwat pada Q.S. Ali\r\n'Imran (3): 14, dan kemudian membandingkan dan mengidentifikasi\r\npersamaan dan perbedaaan metodologi maupWl substansial penafsiran.\r\nSetelah melakukan penelitian lebih Ianjut, penulis menemukan\r\nbahwa keduanya (baik Qurh maupun Syalnir) berbeda dalam\r\nmemahami syahwat pada Q.S. Ali 'Imran (3): 14. Perbedaan ini muncul\r\nkarena keduanya berbeda secara metodologi, yang kemudian\r\nberpengaruh pada aspek substansial (hasil) penafsiran. Quraish\r\nmendemonstrasikan keahliannya dalam menafsirkan ayat-ayat al-Qur'an\r\nmelalui metode tahlili dan muniisabah antar ayat serta penggunaan kaidah\r\nkebahasaan al-Qur' an yang telah baku, dengan tujuan untuk\r\nmembuktikan bahwa sistematika dan redaksi ayat maupun surah dalam\r\nal-Qur' an tidaklah rancu dan bertentangan. Sedangkan Syal;uiir yang\r\nberangkat dari penolakannya terhadap sinonimitas dalam al-Qur' an, dan\r\nkemudian menganalisisnya dengan pisau \"analisis linguistik modern\"\r\n(tartil), yaitu dengan mengaitkan dan menghubungkan ayat-ayat yang\r\nberhubungan dengan tema syahwat untuk menangkap maksud dan\r\npesannya secara utuh.\r\nDari perbedaan inilah kemudian lahir perbedaan secara\r\nsubstansial penafsiran, khususnya dalam memaknai kata-kata kunci\r\ndalam ayat ini (al-nisii', al-banin, al-qaniipr, a/-l}ars dan matii'), yang pada\r\nakhirnya dapat disimpulkan bahwa syahwat manusia dalam ayat ini, menurut Quraish, ini tidak hanya bersifat material, akan tetapi lebih dari\r\nitu, ayat ini juga menjelaskan syahwat manusia yang bersifat inderawi.\r\nSedangkan Syarftr melihat bahwa ayat ini menjelaskan syahwat manusia\r\nkepada hal-hal yang baru dan bersifat material semata, karena manusia\r\npada dasarnya senang kepada hal-hal yang baru dan suka akan\r\npembaharuan. Adapun persamaan keduanya hanya dapat ditemukan\r\npada aspek substansial penafsiran saja, yaitu pada pemaknaan kata akhail\r\nal-musawwamah dan al-an'am, sebab secara metodologis keduanya\r\nmempunyai perbedaan yang sangat mencolok meskipun keduanya sangat\r\nmemperhatikan aspek kebahasaan al-Qur' an."^^ . "2004" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDDIN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 99533178"^^ . "NUR NAJMAN MARZUKI"^^ . "NIM. 99533178 NUR NAJMAN MARZUKI"^^ . . . . . . "STUDI KOMPARATIF PENAFSIRAN\r\nM.QURAISH SHIHAB DAN MUHAMMAD SYAHRUR\r\nTENTANG SYAHWAT PADA Q.S. ALI 'IMRAN (3):14 (Text)"^^ . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "STUDI KOMPARATIF PENAFSIRAN\r\nM.QURAISH SHIHAB DAN MUHAMMAD SYAHRUR\r\nTENTANG SYAHWAT PADA Q.S. ALI 'IMRAN (3):14 (Text)"^^ . . . "STUDI KOMPARATIF PENAFSIRAN\r\nM.QURAISH SHIHAB DAN MUHAMMAD SYAHRUR\r\nTENTANG SYAHWAT PADA Q.S. ALI 'IMRAN (3):14 (Other)"^^ . . . . . . "STUDI KOMPARATIF PENAFSIRAN\r\nM.QURAISH SHIHAB DAN MUHAMMAD SYAHRUR\r\nTENTANG SYAHWAT PADA Q.S. ALI 'IMRAN (3):14 (Other)"^^ . . . . . . "STUDI KOMPARATIF PENAFSIRAN\r\nM.QURAISH SHIHAB DAN MUHAMMAD SYAHRUR\r\nTENTANG SYAHWAT PADA Q.S. ALI 'IMRAN (3):14 (Other)"^^ . . . . . . "STUDI KOMPARATIF PENAFSIRAN\r\nM.QURAISH SHIHAB DAN MUHAMMAD SYAHRUR\r\nTENTANG SYAHWAT PADA Q.S. ALI 'IMRAN (3):14 (Other)"^^ . . . . . . "STUDI KOMPARATIF PENAFSIRAN\r\nM.QURAISH SHIHAB DAN MUHAMMAD SYAHRUR\r\nTENTANG SYAHWAT PADA Q.S. ALI 'IMRAN (3):14 (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "STUDI KOMPARATIF PENAFSIRAN\r\nM.QURAISH SHIHAB DAN MUHAMMAD SYAHRUR\r\nTENTANG SYAHWAT PADA Q.S. ALI 'IMRAN (3):14 (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "STUDI KOMPARATIF PENAFSIRAN\r\nM.QURAISH SHIHAB DAN MUHAMMAD SYAHRUR\r\nTENTANG SYAHWAT PADA Q.S. ALI 'IMRAN (3):14 (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "STUDI KOMPARATIF PENAFSIRAN\r\nM.QURAISH SHIHAB DAN MUHAMMAD SYAHRUR\r\nTENTANG SYAHWAT PADA Q.S. ALI 'IMRAN (3):14 (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #26285 \n\nSTUDI KOMPARATIF PENAFSIRAN \nM.QURAISH SHIHAB DAN MUHAMMAD SYAHRUR \nTENTANG SYAHWAT PADA Q.S. ALI 'IMRAN (3):14\n\n" . "text/html" . . . "Tafsir Hadist"@en . .