TY - THES N1 - Pembimbing : Dra. Hj. Susilaningsih, MA ID - digilib2630 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2630/ A1 - Muri Yusnar NIM. 02411374, Y1 - 2009/06/11/ N2 - ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah Pendidikan Agama Islam di Indonesia yang sebenarnya menghadapi berbagai persoalan dan kesenjangan dalam berbagai aspek. Diantara Persoalan-persoalan itu adalah pembelajaran dalam kelas. Tentu kita ketahui, bahwa pendidikan yang dianggap menjadi sebuah kegiatan menabung, para muridnya adalah celengan dan guru adalah penabungnya, tentu yang terjadi bukanlah proses komunikasi, tetapi guru menyampaikan pernyataan-pernyataan dan mengisi tabungan yang diterima dan diulang dengan patuh oleh para murid. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena yang ada, khususnya tentang pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis alam pada Sekolah Alam Bogor Kelurahan Tanah Baru Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) bersifat Penelitian kualitatif (Qualitative Research). Pendekatan dalam penelitian ini adalah berperspektif lingkungan dan Pendidikan Agama Islam, sehingga dianalisis dalam bentuk kolaborasi antara lingkungan dan Pendidikan Agama Islam. Adapun yang dijadikan subyek dan obyek penelitian ini adalah Penggagas Sekolah Alam Bogor, Direktur Sekolah Alam Bogor, Manajer Program Pre School, SD dan LSC Sekolah Alam Bogor, Fasilitator Sekolah Alam Bogor, Siswa-siswi Sekolah Alam Bogor. Dalam teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Teknik analisis data bersifat induktif yaitu suatu analisis berdasarkan data yang diperoleh, selanjutnya dikembangkan pola hubungan tertentu atau menjadi hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Pelaksanaan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Alam Bogor menggunakan model tema spider web yang menghubungkan mata pelajaran yang satu dengan mata pelajaran yang lain. 2) Pendekatan pembelajaran yang digunakan di Sekolah Alam Bogor adalah Pendekatan Lingkungan, Pengalaman, Pembiasaan dan Keteladanan. 3) Sekolah Alam Bogor menggunakan beberapa metode, diantaranya adalah metode Demonstrasi, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah, Sosio Drama, Bermain peranan dan Kerja Kelompok. 4) Hasil pembelajaran di Sekolah Alam Bogor yang dapat diungkap dalam skripsi ini meliputi: Pengetahuan (Cognitive), Dengan suasana pembelajaran yang tidak ada dikotomi ilmu, menjadikan pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh siswa bersifat integral. Sikap (Affective), Siswa memiliki sikap mental yang kuat. Ia menjadi penyayang terhadap tumbuhan, binatang dan juga alam sekitar. Siswa memiliki sikap yang baik terhadap alam. Keterampilan (Psikomotorik). Mereka menjadi terbiasa dan terampil berinteraksi dengan alam disekitarnya dengan baik. Disamping itu keterampilan untuk bertahan hidup ketika dalam kondisi sempit dan keterampilan dalam hal tali-temali ketika kemahpun mereka miliki./div PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Pendidikan Agama Islam KW - Alam KW - Sekolah M1 - skripsi TI - PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS ALAM PADA SEKOLAH ALAM BOGOR KELURAHAN TANAH BARU KECAMATAN BOGOR UTARA KOTA BOGOR JAWA BARAT AV - restricted ER -