%A NIM. 01420860 MUHAMMAD MA'SUM %O Drs. Maksudin, M.Ag. %T STUDI KOMPARASI ANTARA METODE QIRA'AH DENGAN METODE QAWA'ID DALAM PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA Dl MA ALl MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA %X MUHAMMAD MA'SUM. Metode mempunyai pengaruh yang sangat besar khususnya dalam interaksi edukatif, karen a dalam interaksi edukatif terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi, salah satunya adalah metode dan keberhasilan suatu pengajaranpun itu tidak lepas da i suatu metode yang diambil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana prestasi belajar bahasa Arab siswa di MA Aliyah Ali Maksum Krapyak Yogyakarta dengan menggunakan metode yang berbeda. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Lapangan (fi eld research), dengan cara eksperimentasi, sedangkan metode yang digunakan adalah Observasi, Wawancara, Dokumentasi, Angket dan Test. Dan analisis data yang digunakan adalah dengan Teknik Hitungan Kompara')i atau dengan Analisis Test " t". Adapun kesimpulannya menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan prestasi belajar bahasa Arab siswa yang menggunakan metode Qira'ah dengan siswa yang menggunakan metode Qawa'id. Hal ini bisa dilihat dengan t-observasi dan t-tabel pad a taraf signifikansi 5% dan pnda taraf signifikansi 1% yaitu to - 0,126 dru1 - 0, I