TY - THES N1 - 1. Drs. Sutrisno, M.Ag. 2. Suwadi, M. Ag. ID - digilib26310 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26310/ A1 - AMIN HASANI, NIM. 98413873 Y1 - 2003/10/20/ N2 - Kehidupan adalah makna. Ungkapan ini adalah dimiliki oleh orang yang mau berusaha dan mau mencari tentang arti dan makna hidup. Kehidupan manusta yang penuh dengan peristiwa selalu mengalami perubahan dan di dalamnya terselip sebuah makna hidup. Suatu makna tidak dapat hadir dengan sendirinya, tetapi harus dicari dan digali sehingga makna hidup itu dapat diraih. Setelah penulis meneliti, menganalisa dan mengadakan pembahasan tentang kajian Konsep Logoterapi Viktor Emile Frankl dan Relevansinya terhadap Pendidikan Agama Islam, maka dapat disimpulkan sebagai berikut : I. Setelah berhasil menelaah terhadap karya-karya fenomental dari Viktor Emile Frankl yang berkaitan dengan Logoterapi akhimya dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa Logoterapi yang telah diperkenalkan oleh Frankl memiliki beberapa konsep yaitu: adanya kebebasan kerkehendak, kehendak untuk hidup bermakna, mengerti makna hidup. 2. Manusia yang telah dianugerahi oleh Tuhan Yang Maha Esa berupa : akal pikiran, emosi dan hati nurani, itu semua merupakan perwujudan konkrit bagi manusia untuk menghadapi dunia dengan penuh pertimbagan. Dengan segala potensi yang dimiliki itu wajib untuk dikembangkan dan dilestarikannya. Temyata konsep Logoterapi yang telah dikembangkan oleh Viktor Emile Frankl meniliki konstribisu besar terhadap perkrmbangan pendidikan agama Islam khusunya yang berkaitan dengan metode bimbingan konseling. PB - UIN Sunan Kalijaga KW - logoterapi KW - viktor KW - pendidikan agama Islam M1 - skripsi TI - KONSEP LOGOTERAPI VIKTOR EMILE FRANKL DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM AV - restricted EP - 95 ER -