<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENDIDIKAN AL-DLORURIYAH AL-KHOMSAH SEBAGAI PENYADARAN HAM (Studi terhadap materi dan metode \"Pendidikan al-Dloruriyah al Khomsah\" LKiS Yogyakarta)"^^ . "Dalam pandangan Sindhunata, pendidikan seharusnya mampu\r\nmenyadarkan bahwa pemaksaan dan penindasan tidak hanya mengenai persoalan\r\nfisik dan luaran, tapi merasuk dan membatin sampai kedalaman psyche dan\r\nkesadaran manusia. Maka tugas pendidikan adalah membantu manusia untuk\r\nmembebaskan diri dari penindasan yang tak disadarinya. Dari pemaparan bab-bab sebelumnya tentang profile LKiS, konsep\r\nai-Dioruriyah al-Khomsah dan HAM serta penjelasan tentang Pendidikan\r\nal-Dloruriyah ai-Khomsah yang dilakukan oleh Lembaga Kajian islam\r\ndan Sosial (!XiS). Maka kesimpulan yang dapat dirumuskan di sini adalah\r\nsebagai berikut :\r\nI. Lembaga Kajian islam dan Sosial (LKiS) merupakan lembaga swadaya\r\nmasyarakat yang memiliki gagasan \"Islam Transformatif dan Toleran\".\r\nDalam melaksanakan gagasan tersebut LKiS mempunyai tiga devisi;\r\n1 ). Devisi Media. 2 ). Devisi Pendidikan, Advokasi dan J aringan. 3 ).\r\nDevisi Penelitian dan Pengembangan (Litbang). Pendidikan alDioruriyah\r\nal-Khomsah merupakan salah satu program keija dari\r\ndevisi Pendidikan, Advokasi dan Jaringan. Adapun tujuan dari\r\npendidikan ini adalah menumbuhkan kesadaran mengenai hak-hak\r\nasasi manusia terhadap peserta didik (santri), dan mengupayakan\r\nterjadinya penanganan dan transformasi ditingkat masyarakat sehingga\r\nmasyarakat yang berkemandirian dan berbudaya (civil sosiety) akan\r\nterwujud.\r\n2. Al-Dloruriyah al-Khomsah merupakan turunan dari Maqosid asySyariah.\r\nYang mana didalamnya mensyaratkan maslahah sebagai tujuan yang utama. Maslahah sendiri meliputi; maslahah al-Dlorury,\r\nmaslahah al-Ha;jy, dan maslahah al-Tahsiny. Maslahah al-Dlorury\r\nmeliputi lima kepentingan dasar yang harus dijaga oleh muslim\r\nmeliputi; hak perlindungan agama dan keyakinan (hifd:; al-din), hak\r\nperlindungan jiwa (hifd:; al-nafs wa al- 'irdl), hak perlindungan akan\r\ndan memperoleh pendidikan (hifdl- 'aql), hak perlindungan terhadap\r\nkehormatan (hifd al-nasl), hak pemilikan harta dan benda (hifd - almal).\r\nInilah yang menjadi konsep dasar hak-hak asasi man usia (HAM)\r\nyang dijaga dalam Islam.\r\nDengan melihat bahwa konsep dasar HAM dalam deklarasi\r\nuniversal PBB dan Deklarasi Kairo merupakan hak yang melekat pada\r\nhakekat manusia dan keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan\r\nYang Maha Esa dan anugerah-Nya yang wajib dijaga, dihonnati dan\r\ndilindungi, baik oleh negara, masyarakat maupun setiap orang. Maka\r\nal-Dloruriyah al-Khomsah dapat dijadikan sebagai konsep HAM yang\r\nada dalam ajaran pokok syariah Islam memiliki kesamaan dengan\r\ndua deklarasi tersebut.\r\n3. Materi Pendidikan al-Dloruriyah al-Khomsah yang dilakukan oleh\r\nLembaga Kajian islam dan Sosial (LKiS) secara garis besar meliputi;\r\nMembandingkan dokumen Hak Asasi Manusia (HAM); al-Dloruriyah\r\nal-Khomsah dalam perbincangan Fiqh dan Ushul Fiqh di Pesantren;\r\nKritik Wacana Agama; Gender; Gerak transformasi sosial NU,\r\nPesantren, HAM, dan aksi-aksi kultural; HAM dan Negara dan Anatomi kota. Dengan demikian materi yang diberikan disesuaikan\r\ndengan kondisi dan realitas masyarakat dan pesantren.\r\nAdapun metode pembelajaran Pendidikan al-dloruriyah aiKiwmsah\r\nyang dilakukan oleh LKiS yang dijadikan prinsip dasar\r\nadalah dialogis. Adapun dalam pembelajaran metode yang digunakan\r\nadalah sebagai berikut; Dialog, Diskusi kelompok dan pleno,\r\nCeramah, Curah gagasan (brainstorming), Studi kasus dan Permainan"^^ . "2004-02-19" . . . . "UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . "Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . . . . . . . "NIM: 98413906"^^ . "ALI MACHZUMI"^^ . "NIM: 98413906 ALI MACHZUMI"^^ . . . . . . "PENDIDIKAN AL-DLORURIYAH AL-KHOMSAH SEBAGAI PENYADARAN HAM (Studi terhadap materi dan metode \"Pendidikan al-Dloruriyah al Khomsah\" LKiS Yogyakarta) (Text)"^^ . . . . . "BAB I, V, DATAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENDIDIKAN AL-DLORURIYAH AL-KHOMSAH SEBAGAI PENYADARAN HAM (Studi terhadap materi dan metode \"Pendidikan al-Dloruriyah al Khomsah\" LKiS Yogyakarta) (Text)"^^ . . . . . "PENDIDIKAN AL-DLORURIYAH AL-KHOMSAH SEBAGAI PENYADARAN HAM (Studi terhadap materi dan metode \"Pendidikan al-Dloruriyah al Khomsah\" LKiS Yogyakarta) (Other)"^^ . . . . . . "PENDIDIKAN AL-DLORURIYAH AL-KHOMSAH SEBAGAI PENYADARAN HAM (Studi terhadap materi dan metode \"Pendidikan al-Dloruriyah al Khomsah\" LKiS Yogyakarta) (Other)"^^ . . . . . . "PENDIDIKAN AL-DLORURIYAH AL-KHOMSAH SEBAGAI PENYADARAN HAM (Studi terhadap materi dan metode \"Pendidikan al-Dloruriyah al Khomsah\" LKiS Yogyakarta) (Other)"^^ . . . . . . "PENDIDIKAN AL-DLORURIYAH AL-KHOMSAH SEBAGAI PENYADARAN HAM (Studi terhadap materi dan metode \"Pendidikan al-Dloruriyah al Khomsah\" LKiS Yogyakarta) (Other)"^^ . . . . . . "PENDIDIKAN AL-DLORURIYAH AL-KHOMSAH SEBAGAI PENYADARAN HAM (Studi terhadap materi dan metode \"Pendidikan al-Dloruriyah al Khomsah\" LKiS Yogyakarta) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENDIDIKAN AL-DLORURIYAH AL-KHOMSAH SEBAGAI PENYADARAN HAM (Studi terhadap materi dan metode \"Pendidikan al-Dloruriyah al Khomsah\" LKiS Yogyakarta) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENDIDIKAN AL-DLORURIYAH AL-KHOMSAH SEBAGAI PENYADARAN HAM (Studi terhadap materi dan metode \"Pendidikan al-Dloruriyah al Khomsah\" LKiS Yogyakarta) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENDIDIKAN AL-DLORURIYAH AL-KHOMSAH SEBAGAI PENYADARAN HAM (Studi terhadap materi dan metode \"Pendidikan al-Dloruriyah al Khomsah\" LKiS Yogyakarta) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #26314 \n\nPENDIDIKAN AL-DLORURIYAH AL-KHOMSAH SEBAGAI PENYADARAN HAM (Studi terhadap materi dan metode \"Pendidikan al-Dloruriyah al Khomsah\" LKiS Yogyakarta)\n\n" . "text/html" . . . "HAK ASASI MANUSIA" . .